Surabaya, (Antara Jatim) - Pelabuhan Tanjung Wangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang berada di bawah kewenangan Pelindo III kali pertama disandari kapal pesiar MS Silver Discover yang berbendera Bahama dengan panjang 102 meter pada Kamis.

"Kapal MS Silver Discover yang sandar perdana di Pelabuhan Tanjung Wangi membawa sedikitnya 81 wisatawan asing dari berbagai negara dan 150 kru kapal, dan ini bagian dari upaya Pelindo III untuk meningkatkan wisatawan melalui kedatangan kapal pesiar ke Indonesia," kata General Manager Pelindo III Tanjung Wangi, Bangun Swastanto, dalam keterangan persnya di Surabaya, Kamis.

Ia mengatakan, beberapa pelabuhan yang berada dibawah kewenangan Pelindo III kini telah dilengkapi fasilitas untuk sandar kapal pesiar, seperti di Pelabuhan Tanjung Wangi yang memiliki fasilitas dermaga sepanjang 543 meter dengan kedalaman mencapai -12 sampai -14 Meter Low Water Spring (MLWS). 

Ia mengatakan, dermaganya juga telah memenuhi persyaratan keamanan internasional, yaitu dengan "Comply International Ship and Port Facility Security" (ISPS Code) sehingga semua kapal internasional dapat langsung sandar.

Bangun mengatakan, pada saat wisatawan turun dari kapal juga disambut tarian daerah dan alunan lagu gamelan khas Banyuwangi, kemudian sejumlah wisatawan melanjutkan ke beberapa lokasi wisata di Banyuwangi.  

"Penyambutan para turis ini kami lakukan secara apik, karena dilakukan melalui sinergi antara Pelindo III dan Pemkab Banyuwangi," katanya.

Sementara itu, berdasarkan catatan Pelindo III sedikitnya 130 kapal pesiar telah berkunjung ke pelabuhan yang berada di bawah kewenangan perusahaan tersebut pada tahun 2015.

Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi Mohamad Yanuarto Bramuda mengaku mendukung penuh upaya Pelindo III dalam mengembangkan wisata dengan kedatangan kapal pesiar, khususnya di Banyuwangi. 

"Kami juga telah menyiapkan destinasi wisata berbasis ecotourism di Banyuwangi, sekaligus memberikan suguhan yang paling menarik dan pelayanan berkesan bagi wisatawan cruise ini, sehingga dapat terus merangsang jumlah wisatawan asing untuk berkunjung ke Banyuwangi," katanya.

Ia berharap, dengan adanya kunjungan kapal pesiar akan meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Banyuwangi yang ditargetkan mencapai 50.000 wisatawan pada akhir 2016.
 
"Kunjungan turis mancanegara selama periode tahun 2015 tak kurang dari 40.000 wisatawan ke Banyuwangi. Dan kami optimistis pada tahun 2016 turis mancanegara bisa mencapai 50.000 wisatawan," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016