Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyatakan sekitar 100 wisatawan mancanegara (wisman) akan mengunjungi sejumlah lokasi wisata setempat pada 22 Oktober 2016.

"Kedatangan mereka ke Sumenep difasilitasi oleh salah satu biro perjalanan wisata nasional. Sumenep menjadi salah satu tujuan yang akan dikunjungi ratusan wisman tersebut," kata Kepala Disbudparpora Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Selasa.

Informasi dari Disbudparpora Sumenep, ratusan wisman tersebut ke Sumenep naik kapal pesiar dan dijadwalkan sandar di Perairan Talango atau sebelah timur Pelabuhan Kalianget pada Sabtu (22/10) sekitar pukul 06.00 WIB.

Sekitar 100 wisman itu berasal dari sejumlah negara, yakni Australia, Perancis, Belanda, dan Jepang.

Mereka nantinya akan mengunjungi Museum dan Keraton Sumenep dan Masjik Jamik Sumenep di Kecamatan Kota dan menonton karapan sapi di Kecamatan Bluto.

"Mereka akan berada di Sumenep sekitar tiga jam dan selanjutnya meneruskan perjalanan ke sejumlah lokasi wisata di Indonesia. Para wisman itu tidak sampai menginap di Sumenep," kata Sofi, sapaan Sufiyanto, menerangkan.

Ia menjelaskan, pihaknya akan menyuguhkan sejumlah kesenian tradisional kepada para wisatawan selama berada di Museum dan Keraton Sumenep.

"Sejak beberapa tahun lalu, kami di pemerintah daerah memang berkomunikasi dengan sejumlah biro perjalanan wisata nasional agar Sumenep menjadi salah satu tujuan perjalanan wisata bagi pengguna jasanya. Alhamdulillah, ada respons positif," ujarnya.

Sebelumnya pada awal Oktober 2016, sekitar 100 wisman juga mengunjungi sejumlah wisata di Sumenep atas fasilitasi salah satu biro perjalanan wisata nasional. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016