Blitar (Antara Jatim) - Tiga orang pencuri ayam petelur di Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, babak belur setelah dihajar warga dan kasus tersebut saat ini masih ditangani Aparat Kepolisian Resor Blitar. 
     
"Kami masih tangani perkara ini. Korban juga masih dirawat di rumah sakit," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Blitar AKP Eny Mayasari di Blitar, Jumat.
     
Ia mengatakan, ketiga pelaku adalah warga Kabupaten Blitar. Mereka antara lain FE (21) dan ED (25), keduanya warga Desa Kedungwaru, Kecamatan Binangun serta HE (25), warga Desa/Kecamatan Selopuro.
     
Kasus pencurian itu terjadi pada Kamis (13/10) malam. Para pelaku mendatangi lokasi kandang ayam petelur milik Agus Suwarno (44), warga Desa Tegalrejo, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar.
     
Pelaku mengambil ayam dan dimasukkan ke dalam karung plastik berwarna putih dan membawanya menggunakan sepeda motor vario dengan berboncengan tiga. Aksi pelaku yang mencuri itu diketahui warga, dan mereka pun dihentikan warga saat berboncengan dengan sepeda motor itu. 
     
"Saat mengendarai sepeda motor, mereka dihentikan oleh warga dan ketiga pelaku sempat lari meninggalkan ayam berikut seepda motornya," ujarnya.
     
Karena melarikan diri, lanjut dia, warga mengejar pelaku dan mereka tertangkap. Ketiganya dihajar warga hingga babak belur. Selain itu, warga juga membakar sepeda motor yang dikendarai ketiganya tersebut.
     
Kejadian itu langsung dilaporkan ke polisi dan tidak berapa lama petugas pun datang ke lokasi kejadian. Saat petugas datang, kondisi ketiga pencuri itu sudah babak belur, bahkan sangat parah. 
     
Ketiganya dibawa ke rumah sakit untuk dirawat akibat luka yang dideritanya. Bahkan, seorang di antara harus dirujuk akibat luka yang dideritanya, yaitu ED. 
     
"Salah satu pelaku masih kritis dan perlu dirujuk ke RS Saiful Anwar Malang, karena mengalami pendarahan otak," jelasnya.  
     
Hingga kini, polisi belum meminta keterangan pada pelaku, dan menunggu kondisi mereka pulih. Sementara itu, aparat pun sudah meminta keterangan warga, termasuk pemilik ayam yang menjadi korban. 
     
Namun, polisi sudah mengamankan sejumlah barang bukti, misalnya sepeda motor yang sudah terbakar, karung plastik berwarna putih, serta 12 ekor ayam petelur curian. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016