Pasuruan, (Antara Jatim) - PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk berusaha mendorong peningkatan jumlah wirausaha sebesar tiga persen, sesuai target pemerintah untuk meningkatkan jumlah wirausaha pada tahun 2018.

Presiden Direktur Sampoerna Paul Janelle dalam keterangan persnya, Senin mengatakan, saat ini jumlah wirausaha Indonesia hanya 1,65 persen dengan sektor UMKM sebagai mayoritas jenis usaha, yakni sebesar 99,9 persen.

"Sektor UMKM mampu menyediakan 97,2 persen lapangan pekerjaan dan menyumbang 59,1 persen pada Produk Domestik Bruto (PDB). Oleh karena itu, Sampoerna akan fokus mengembangkan bidang kewirausahaan jenis UMKM, karena diharapkan semakin banyak manfaat yang dirasakan masyarakat dan lingkungan sekitarnya," katanya.

Paul mengatakan, dorongan yang dilakukan Sampoerna adalah dengan penyelenggaraan acara Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna Expo 2016 yang telah digelar di Gedung Woloe Pasuruan, Jawa Timur.

"Kegiatan di bawah payung “Sampoerna untuk Indonesia (SUI)” ini mengangkat tema “Bangga UKM Indonesia”, sejalan dengan makin berkembangnya sektor UKM Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan program Nawacita yang diusung oleh Presiden Jokowi, sebagai salah satu akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional yakni peningkatan daya saing UMKM.

"Kami berharap, program ini akan semakin banyak dimanfaatkan dan dirasakan masyarakat dan lingkungan sekitar," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016