Malang, (Antara Jatim) - Taman Rekreasi Wisata Selecta, siapa yang tak kenal ?, meski banyak bermunculan tempat wisata baru di Jawa Timur, namun lokasi wisata yang terletak di Desa Tulungrejo, Kabupaten Malang tersebut tetap menjadi wisata favorit bagi masyarakat, dan merupakan salah satu tempat wisata yang melegenda.

Sebab selain murah dibanding sejumlah tempat wisata baru, Taman Rekreasi Wisata Selecta juga dikenal dengan alam dan udaranya yang sejuk, karena terletak di kaki Gunung Panderman

Untuk harga tiket masuk di kawasan Selecta cukup terjangkau yakni sebesar Rp20 ribu per orang (rombongan) dan Rp25 ribu per orang, sementara di tempat wisata lain yang tidak jauh dari Selecta, sebut saja Jatim Park, tiket masuknya sebesar Rp75 ribu.

Selain menawarkan kesejukan alam dan murahnya harga tiket, ditambah kolam renangnya yang melegenda. Selecta juga menawarkan beberapa wahana baru dan menarik lainnya, seperti, berseluncur dari atas bukit, kapal goyang serta sepeda angin dan taman bunga yang berjejer di lereng lokasi tersebut.

Untuk sepeda angin, wahana ini baru dikenalkan ke wisatawan pada awal 2015, yakni berbentuk bundar melingkar dan berada di atas rel tunggal setinggi 3-5 meter, serta memutar di atas Taman Bunga Selecta.

Putra, salah satu wisatawan asal Kota Malang mengaku cukup tertantang dengan wahana baru tersebut, sebab jalannya sepeda angin tergantung dari kayuhan dari kaki wisatawan, atau tidak menggunakan mesin seperti wahanan pada umumnya. 

"Kalau kita tidak mengayuhnya, otomatis sepeda angin tidak berjalan dan bisa terdorong oleh sepeda angin berikutnya yang ada di belakang kita, sehingga harus mengayuh," tuturnya.

Tantangan lainnya, kata Putra adalah ketinggian sepeda yang berada di atas taman bunga Selecta yang membuat bulu kudu merinding, sebab wisatawan yang mencoba wahana ini akan dibuat serasa terbang dengan mengayuh sepeda angin.

Manager Taman Rekreasi Selecta, Sunariadi mengatakan wahana sepeda angin yang berada di sebelah utara taman bunga ini lokasinya tidak jauh dari areal tempat berwisata berkuda.

"Kita sengaja memanjakan para pengayuh sepeda angin dengan visual taman bunga, bukit hijau, serta arena berkuda yang berada di sekitarnya, hal ini menambah nilai plus wahana ini," ujarnya.

Ia berharap, sepeda angin ini menjadi salah satu pendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Selecta, sekaligus sebagai upaya manajemen untuk membuat lokasi wisata yang pernah jaya pada tahun 1980-an bisa bersaing dengan tempat wisata baru.

"Malang Raya, khususnya Kota Batu sudah dijuluki sebagai Kota Wisata, sebab banyak tempat wisata yang ditawarkan di sini, kalau manajemen tidak kreatif dalam menawarkan wahana, bisa berakibat akan ditinggalkan oleh wisatawan," imbuhnya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016