Surabaya (Antara Jatim) - Lagu-lagu patriotik seniman legendaris Almarhum Soedjarwoto Soemarsono atau Gombloh memeriahkan konser rock bertajuk "Kebyar-Kebyar Pelangi Jingga di Surabaya" yang digelar Polda Jawa Timur dan komunitas rocker "Indonesia Kita" (I.ki) di Frontage Road Mapolda Jatim, Sabtu malam.

"Selain untuk memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan RI, kami menggelar konser itu untuk mengenang Almarhum Gombloh sebagai seniman asli Surabaya yang banyak melahirkan lagu-lagu patriotik seperti Kebyar-kebyar," kata Ketua Umum I.Ki, Renny Djajoesman, di sela persiapan konser di Mapolda Jatim, Jumat malam.

Ia mengatakan para seniman musik prihatin dengan Almarhum Gombloh yang karyanya bertema nasionalis, namun kurang dihargai oleh pemerintah, karena itu para pengisi acara konser kebangsaan itu akan menyanyikan tembang-tembang dari Alm Gombloh sebagai bentuk penghormatan.

"Kami berencana langsung tabur bunga atau ziarah ke makam Alm. Gombloh, lalu melantunkan lagu-lagunya di kota ini. Surabaya juga merupakan kota yang istimewa bagi kami, karena I.ki terbentuk pada tanggal 10 November yang identik dengan Hari Pahlawan," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anton Setiadji yang memberi kesempatan untuk tampil di Surabaya, sekaligus berharap Kapolda Jatim mengikuti pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur dan renungan di hari kemerdekaan.

Senada dengan itu, Donny Hardono atau Donny DSS selaku tim produksi juga menyatakan kesiapannya, karena pihaknya sudah seminggu mondar-mandir Jakarta-Surabaya untuk mempersiapkan sarana dan prasarana.

"Panggung berukuran 15m X 12m, dilengkapi sound system berkekuatan sekitar 60-70 ribu watt, dan tata lampu LED 80.000 watt untuk menghibur Arek Suroboyo," katanya.

Konser dimeriahkan oleh musisi rock, jazz, blues serta reggae dari Ibukota, seperti Renny Djajoesman, Jelly Tobing, Sylvia Saartje, Ita Purnamasari, Mell Shandy, Leo Kristy, Bangkit Sanjaya, Bongki (BIP), Berry (Saint Loco), Willy Sket, Trison Roxx, Amiroez, Ambang, Pallo, Red Spider, Riffi Putri, Yoel Vai, Julia, Axel, dan Devata. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016