Bojonegoro (Antara Jatim) - Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto, mengharapkan petugas Paskibraka pada upacara HUT ke-71 Kemerdekaan RI melaksanakan dengan sungguh-sungguh instruksi pelatih agar pengibaran bendera Merah Putih bisa terlaksana dengan sukses.
    
"Pengibaran bendera memerlukan kesiapan, disiplin dan kesungguhan agar bisa terlaksana dengan sukses," katanya, ketika pengukukuhan 72 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Bojonegoro, Selasa.
    
Oleh karena itu, menurut dia, petugas Paskibraka harus melaksanakan dengan sungguh-sungguh instruksi yang sudah diberikan pelatih, karena dalam pelaksaan pengibaran semua mata akan tertuju pada anggota Paskibraka.
    
"Dengan adanya pelatihan yang sudah berjalan semoga pengibaran bendera bisa berjalan lancar," katanya menegaskan.
    
Kasi Diklat Kepemudaan dan Seni Sekolah Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro Suyanto, menjelaskan, pelatih sudah memberikan pelatihan kekompakan dan tanggung jawab kepada tiga anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera.
    
"Pelatih sudah memberikan pelatihan kekompakan dan tanggung jawab kepada tiga petugas Paskibraka agar pelaksanaan pengibaran bendera tidak gagal," katanya menegaskan.
    
Dengan demikian ia optimistis kegagalan kejadian pengibaran bendera pusaka Merah Putih pada Upacara Hardiknas tidak akan terulang lagi pada upacara HUT ke-71 Kemerdekaan RI di daerahnya.
    
Apalagi, menurut dia, petugas Paskibraka yang bertugas pada upacara HUT ke-71 Kemerdekaan RI bukan petugas Paskibraka pada upacara Hardiknas yang lalu.
    
"Petugas Paskibraka yang sekarang semuanya baru hasil rekrutmen dari berbagai lembaga pendidikan," paparnya.
    
Lebih lanjut ia menjelaskan sebanyak 74 pelajar (32 perempuan dan 42 laki-laki) yang terpilih sebagai Paskibraka telah mengikuti berbagai pelatihan mulai fisik, mental, bela Negara wawasan kebangsaan juga kepemimpinan.
    
Para pelajar itu mengikuti pelatihan dengan instruktur dari Kodim 0813, kepolisian resor(polres), satpol PP dan disdik sejak awal Mei.
    
"Pelatihan Paskibraka berjalan dalam 46 kali pertemuan," ucapnya.
    
Ia menambahkan dua petugas Paskibraka daerahnya yaitu Daffa Alam Gufari (SMAN I) dan Eka Adelia (SMAN2) terpilih untuk mengikuti upacara HUT ke-71 Kemerdekaan RI di Surabaya, Jawa Timur.  (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016