Sidoarjo (Antara Jatim) - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan kegiatan "outbond" yang diikuti oleh 540 orang anggota TNI AL bertujuan untuk meningkatkan komunikasi antargenerasi.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan komunikasi antargenerasi yang selama ini masih kurang dilakukan kecuali pada kegiatan-kegiatan tertentu," katanya di sela mengikuti kegiatan "outbond" TNI AL tahun 2016 di Pusat Penerbangan Angkatan Laut, Juanda, Surabaya, Jumat.

Ia mengemukakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan komunikasi antargenerasi bisa lebih terjadil sehingga bisa meningkatkan konsolidasi perwira yang ada di lingkungan TNI AL.

"Para perwira ini yang menjadi pemimpin di masing-masing satuan kerja sehingga harus memahami nilai jati diri kebersamaan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kesolidan," katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena sebuah organisasi ini tentunya juga bergantung pada manusia untuk diajak bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang harus diselesaikan secara kelompok.

"Yang paling penting yaitu transformasi kepemimpinan yang baik dan berkelanjutan untuk membangun 'world class navy' supaya lebih baik lagi," katanya.

Disinggung apakah kegiatan seperti ini akan terus diadakan setiap tahun dirinya mengatakan sebagai seorang pimpinan hanya bertugas mengawali.

"Saya hanya mengawali dan kami berikan kepada pimpinan selanjutnya bagaimana akan melanjutkan. Namun yang jelas, kegiatan ini harus dilakukan evaluasi, kalau baik bisa diteruskan untuk kemajuan TNI Angkatan laut," katanya.

Kasal juga menekankan bahwa TNI Angkatan laut sebagai kekuatan pertahanan negara matra laut sangat tergantung pada kualitas anggotanya dalam mengawaki organisasi maupun alat utama sistem persenjataan.

"Untuk mewujudkan personel yang berkualitas, diperlukan sebuah sistem pembinaan yang tepat pada level makro maupun mikro, sehingga memberikan jaminan bagi personel untuk dapat mengabdi dan berkarya sesuai kemampuan diri dan  tuntutan organisasi," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016