Malang (Antara Jatim) - Tim futsal putri binaan IKIP Budi Utomo ("IBU") Malang sukses meraih juara nasional di ajang  Women's Futsal Championship yang digelar di GOR Futsal Club Jimbaran Bali pada 30-31 Juli 2016.
 
Ketua pengembangan IKIP  Budi Utomo, Dr Nurcholis Sunuyeko di Malang, Jawa Timur, Selasa mengatakan kemenangan dan torehan prestasi yang telah diraih tim tersebut merupakan buah kerja keras luar biasa, sebab tim ini baru dibentuk beberapa bulan sebelum mengikuti turnamen yang bertajuk "Gobolabali" tersebut.

"Ada enam klub besar yang mengikuti turnamen tersebut, namun itu sama sekali tak menyurutkan tekat anak-anak. Bahkan, tim ini hanya diperkuat 10 atlet. Dengan kerja keras dan optimistis yang kuat, akhirnya mereka mampu menundukkan tim-tim 'raksasa' dan meraih gelar juara," kata Nurcholis saat menyambut kedatangan tim binaannya itu di Malang.

Ia mengakui sejak IKIP Budi Utomo berdiri, baru pertama kalinya tim futsal putri besutan Siti Sumarni itu mampu meraih gelar juara nasional. Kemenangan ini merupakan kebanggaan segenap pengurus, pelatih, manager serta atlet, karena mampu mengimbangi permainan, bahkan menaklukkan klub-klub besar, seperti WFA Bandung, JFC Jember, IMMAPA Bali, PC Queen Singaraja dan masih banyak club andalan lainnya.

"Bayangkan, Club Budi Utomo FC terbentuk pada Mei lalu, namun dengan kekompakan dan semangat tanding anak-anak, tim kami mampu menjadi juara. Dengan berbekal juara ini, kami berharap Tim Budi Utomo FC akan terus memacu dan mengasah kemampuannya sebagai persiapan even atau kejuaraan lainnya," ujarnya.

Gelar juara yang digenggam tim Budi Utomo FC Malang itu atas perjuangan keras setelah mengkandaskan harapan dari  Club JFCI Jember dengan skor 5-2. "Niat awal IBU sebenarnya hanya menjadi wadah pembinaan untuk kelas umur, terutama untuk cabang olahraga yang melibatkan orang banyak, seperti voli, sepak bola, basket, dan futsal," ujarnya.

Akan tetapi, lanjutnya, tim futsal putri tersebut justru meraih prestasi tertinggi. "Bahkan, kapten tim, Mita Avalina, menjadi pemain terbaik selama perhelatan turnamen tersebut," paparnya.

Atlet futsal putri IKIP BU yang meraih posisi gelar juara nasional itu adalah Dara Rudsi, Regina Tiovani, Paramitha Ria, Sabrina Mutiara, Silvia Anggraeni, Windi Ayu, Ivana Amadea, Staqila Devi, Navarina, Anisya Widyawati, dan Mita Alviana.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016