Surabaya (Antara Jatim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak mengedukasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) terkait dengan pentingnya perlindungan diri terutama saat bekerja.

Kepala Bidang Pemasaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak Feryanti Agustina Burhan mengatakan kegiatan ini dilakuan untuk mengedukasi mahasiswa terkait tentang pentingya program BPJS ketenagekerjaan bagi kesejahteraan pekerjaan.

"Generasi muda dalam hal ini mahasiswa harus paham tentang pentingnya perlidungan diri karena itu merupakan azas utama kemanusiaan dan hak dasar yang harus dipenuhi," katanya dalam kegiatan Temu Alumni Akbar Ika Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya 2016 di Aula Fakultas Ekonomi Unesa Surabaya, Sabtu.

Ia mengemukakan, BPJS Ketenagakerjaan ini sifatnya adalah gotong-royong di mana yang kuat membantu yang lemah, yang berpenghasilan besar membantu yang berpenghasilan rendah, yang sehat membantu yang sakit.

"Dengan semakin dikenalnya program BPJS Ketenagakerjaan supaya memudahkan masyarakat membedakan antara dua BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri, kata dia, selain mempunyai program empat kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan kematian dan juga pensiun juga memiliki program tambahan lainnya

"Dan ini sangat penting bagi pekerja terkait dengan risiko-risiko yang dialami tenaga kerja yang kemungkinan akan terjadi di masa yang akan datang mereka sudah harus dipersiapkan," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga mentargetkan ada kepersertaan baru yang ikut menyusul banyaknya pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ikut dalam bazar di halaman Fakultas Ekonomi Unesa Surabaya.

"Kami mentargetkan ada pelaku UKM yang ikut karena alam kegiatan ini juga diiukuti oleh sekitar 300 pelaku UKM yang merupakan pekerja bukan penerima upah," katanya.

Dari data yang ada, sampai dengan periode tahun 2015 BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak mengelola sebanyak 1.620 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 62.246 orang.

Jumlah tersebut ada penambahan sebanyak 111 perusahaan dengan 8.100 tenaga kerja sehingga total saat ini sebanyak 1.731 perusahaan dengan 70.346 tenaga kerja.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016