Situbondo (Antara Jatim) - Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika bersama Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo, Jawa Timur, melakukan uji kelaikan bus penumpang antarkota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Situbondo guna memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang selama arus mudik Lebaran.

"Uji kelaikan bus penumpang AKDP ini meliputi pemeriksaan surat-surat kendaraan dan KIR, hingga memeriksa kondisi fisik armada bus, seperti lampu sein, klakson, sistem pengereman dan kopling, serta wiper atau kipas kaca," ujar Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Situbondo Lutfi Joko Prihatin di Situbondo, Sabtu.

Ia mengemukakan, dalan pemeriksaan uji kelaikan bus penumpang oleh petugas gabungan dari Dishubkominfo dan Satlantas Polres Situbondo, menemukan kerusakan atau tidak berfungsinya kipas kaca beberapa bus yang dapat menggangu pandangan pengemudi jika hujan.

Atas temuan beberapa bus penumpang antarkota itu, kata dia, petugas hanya mengingatkan para sopir bus untuk mengganti atau memperbaiki kipas kaca kendaraan mereka.

"Pemeriksaan kendaraan bus ini dalam rangka memastikan kondisi kendaraan apakah telah memenuhi standar atau tidak demi kemanan dan kenyamanan penumpang bus selama arus mudik Lebaran," katanya.

Sebelumnya, petugas gabungan dari Dishubkominfo dan Polres serta Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo telah menggelar tes urine terhadap para sopir bus dalam rangka mengantisipasi pengemudi yang menggunakan narkotika dan obat-obatan (narkoba).

"Beberapa hari lalu kita sudah menggelar tes urine serta memeriksa kesehatan seluruh pengemudi bus penumpang di Terminal Situbondo. Namun sejauh ini kami tidak menemukan sopir bus yang mengonsumsi narkoba. Kendati demikian kami tetap mengimbau kepada sopir bus untuk tetap hati-hati saat mengemudikan kendaraannya selama arus mudik Lebaran demi keselamatan bersama," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016