Surabaya, (Antara Jatim) - Perseroan terbatas Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Persero memberangkatkan 20 bus pemudik gratis dari Pelabuhan Gapura Surya, Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, dari total 70 bus yang disediakan ke berbagai tujuan di wilayah setempat.

"Hari ini sudah 20 bus yang berangkat dari 70 bus gratis yang kami sediakan untuk mengantar para pemudik ke berbagai tujuan di Jawa Timur, dan program ini kami selenggarakan karena antusiasme para pemudik tahun lalu yang sangat tinggi," ucap Kepala Humas Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak, Oscar Yogi Yustiano, Rabu.

Yogi yang ditemui di Tanjung Perak, Surabaya mengatakan tujuan program untuk mengurangi trafik kendaraan penjemput di Pelabuhan Tanjung Perak dengan mengintegrasikan moda laut dan moda darat, sehingga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan polusi udara. 

"Penjemput cukup menunggu di lokasi pemberhentian di kota-kota tujuan.Tidak perlu datang ke pelabuhan," ucapnya.

Yogi menyebut, rute mudik gratis terbagi menjadi empat, yakni pertama Jember, melewati tiga kota pemberhentian seperti Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. 

Rute kedua dengan tujuan Madiun, melewati tiga kota pemberhentian yaitu Mojokerto, Jombang dan Nganjuk. Kemudian, rute ketiga dengan tujuan Trenggalek, melewati dua kota pemberhentian, yakni Kediri dan Tulungagung. 

Terakhir rute keempat, dengan tujuan Cepu, melewati dua kota pemberhentian Lamongan dan Bojonegoro.

"Penumpang yang berminat, langsung bisa mendaftar pada saat tiba pelabuhan Tanjung Perak, di pos pendaftaran yang telah disediakan di terminal penumpang, tanpa dipungut biaya alias gratis," ucapnya.
 
Yogi mengatakan, program yang dimulai sejak Selasa (28/6) sampai Selasa (5/7) tersebut, telah memberangkatkan 20 bus dengan total penumpang sekitar 960 orang, dari 70 bus dengan jumlah sekitar tiga ribu penumpang.

"Selain di Pelabuhan Tanjung Perak, Pelindo III juga menyelenggarakan program ini bagi penumpang yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang," tuturnya.

Bus gratis dari Semarang, kata Yogi, akan melayani empat rute, yakni rute pertama dengan tujuan Pati, melewati kota Demak dan Kudus.

Kemudian, rute kedua dengan tujuan Wonosobo melewati satu kota yakni Temanggung. Rute ketiga dengan Tujuan Yogyakarta, melewati Solo. Rute keempat, dengan tujuan Pemalang, melewati Kendal dan Pekalongan.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016