Setelah kehilangan Guru Besar Bidang Hukum, yakni Prof Eman yang wafat pada 11 Mei 2016, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya kembali kehilangan salah seorang putra terbaiknya.

Guru Besar bidang Ilmu Penyakit Dalam sub Tropik dan Infeksi Fakultas Kedokteran (FK) Unair Prof Eddy Soewandojo dr Sp.PD K-PTI FINASIM telah berpulang pada 2 Juni 2016.

Almarhum yang kelahiran Jakarta pada 25 November 1940 itu tutup usia pada 76 tahun.

Sanak keluarga, kerabat, teman sejawat dan para guru besar berkumpul di Aula FK Unair untuk memberikan penghormatan terakhir, Jumat (3/6).

Direktur RS Unair, Prof. Dr. Nasronuddin, dr., Sp.PD., K-PTI, FINASIM turut berbagi pengalaman mengenai sosok almarhum Prof. Eddy semasa hidup.

"Almarhum dikenal sebagai seorang guru yang baik dan jujur. Dalam bidang penyakit tropik dan infeksi, almarhum menjadi panutan karena dikenal ulet dan amat memiliki perhatian khusus terhadap permasalahan penyakit demam berdarah dengue (DBD) maupun demam typoid," ujar Prof Nasron.

Almarhum juga banyak menghasilkan karya penelitian sebagai salah satu upaya menanggulangi permasalahan DBD di Indonesia.

Bahkan, sang profesor juga dikenal banyak berkontribusi dalam inovasi melalui uji klinis obat-obatan penyakit demam berdarah.

"Yang selalu beliau tekankan adalah pentingnya upaya pencegahan DBD ketimbang mengobatinya," ungkap Prof. Nasron.

Selain menaruh perhatian besar pada permasalahan penyakit DBD, Prof. Eddy juga dikenal menonjol dalam penanggulangan demam tifoid atau penyakit tifus.

    
Obat Anti-demam
Kala itu, Prof. Eddy menjadi salah satu tokoh kunci dalam pengembangan riset pengobatan tifus pada tahun 2002 bersama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lembaga kesehatan dari Hongkong, dan tujuh perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Alhasil, dengan perjuangan bersama dihasilkan sebuah terobosan obat anti-demam tifus bernama Levofloxacin.

Antibiotik ini dinilai lebih unggul dibandingkan jenis antibiotik lainnya seperti kelompok Fluoroquinolone, yakni Ciprofloxacin.

Levofloxacin mampu menurunkan panas lebih awal daripada Ciprofloxacin. Selain itu, efek samping seperti mual, muntah, dan gangguang fungsi hati lebih ringan daripada Ciprofloxacin.

Antibiotik ini cukup diberikan selama tujuh hari namun dengan dosis cukup sekali sehari, sehingga lebih efektif dalam mencegah komplikasi dan memperpendek pengobatan.

Pengalaman bersama almarhum juga disampaikan Wakil Rektor III Unair periode 2009 ¿ 2014 Prof dr Soetjipto MS PhD.

Selain dikenal sebagai salah satu pakar penyakit tropik dan infeksi, Prof. Tjip juga mengenal Prof. Eddy sebagai guru yang menaruh perhatian cukup besar pada perkembangan kurikulum pendidikan kedokteran.

Karena sama-sama menekuni pendidikan kedokteran, salah satu yang paling dikenang dari sosok Prof. Eddy, adalah kegemaran almarhum untuk selalu berdiskusi mengutarakan berbagai pemikiran kolektif, dan berbagai inovasi perkembangan modul demi meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran ke depan.

    
Pribadi "lurus"
Prof. Troeboes Poerwadi, dr., Sp.S, adalah salah seorang yang turut menghadiri prosesi persemayaman jenazah Prof Eddy menjelang dibawa ke pemakaman di TPU Keputih Surabaya.

Kedatangannya tidak hanya sebagai teman seangkatan di FK Unair, tapi juga sekaligus sebagai kawan sepermainan sejak duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA).

"Prof. Eddy adalah teman dekat saya sejak sama-sama sekolah di SMA 2 Surabaya. Dulu dia ketua kelas. Terkenal pendiam, tekun tapi gampang diakali. Karena saya dengan teman lainnya yang nakal, dia tidak. Kalau saya bolos sekolah, dia yang saya suruh jaga kelas bersama murid perempuan lainnya," kenang Prof. Troboes.

Pertemanan keduanya pun berlanjut hingga masuk perguruan tinggi FK Unair. Selama menempuh pendidikan, Prof. Troeboes dan Prof. Eddy telah melalui banyak suka duka.

"Salah satu yang berkesan adalah kami dulu punya grup namanya 'Kaipang'. Ini kumpulan mahasiswa konyol dan ndak berduit. Jadinya, kami kalau belajar di selasar kampus. Setiap ada perayaan Dies Natalis Unair, kami selalu sibuk jadi tukang. Tukang menata meja kursi untuk acara. Seru pokoknya," kenangnya.

Di mata Prof. Troeboes, Prof. Eddy adalah sosok teman belajar dan teman main yang baik. Prof. Eddy termasuk pribadi yang "lurus" dan tidak suka neko-neko.

"Prof. Eddy kala itu anak seorang pejabat gubernur. Setiap kali habis ada acara kunjungan tamu dari luar negeri yang disambut di rumah dinas, beliau selalu telepon saya dan kawan lainnya. Dia meminta kami untuk ke rumahnya. Mreneo, ana panganan neng kene. Tamune wis mulih (Kesinilah, ada banyak makanan disini, karena tamu sudah ndak ada)," kenangnya menirukan Eddy kala muda.

Karenanya, kepergian Prof. Eddy tentu menyisakan kesedihan mendalam bagi Prof. Troeboes. Yang lebih menyedihkan lagi, beberapa teman seangkatan tahun 1960-an sedikit demi sedikit mendahului dirinya untuk menghadap Sang Khalik.  

Belakangan, kondisi kesehatan Prof. Eddy memang menurun. Prof. Troeboes terakhir bertemu dengan Prof. Eddy beberapa bulan lalu di sebuah acara pesta pernikahan.

"Semenjak sakit, Prof Eddy menjadi pelupa. Tapi dia paling ingat dengan saya, kalau dengan istri saya yang juga temannya sejak kecil saja dia malah lupa," ungkapnya. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016