Jember (Antara Jatim) - Pejabat Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Jember, Jawa Timur mencatat stok daging sapi di wilayah setempat dipastikan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sejak Ramadhan hingga Lebaran 2016.

Kepala Bidang Bina Usaha dan Pengembangan SDM Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan (Disperikel) Jember, Haris Muslimin mengatakan ketersediaan ternak sapi yang ada di Jember diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah.

"Stok daging sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga Lebaran nanti karena Kabupaten Jember salah satu daerah sentra daging sapi di Jawa Timur," katanya di Kabupaten Jember, Senin.

Ia mengatakan ketersediaan daging sapi saat ini berkisar 12 hingga 15 ton perhari, sedangkan untuk kebutuhan masyarakat di wilayah setempat berkisar 8 hingga 10 ton perhari, sehingga lebih dari cukup.

"Sejauh ini harga dagig sapi juga cukup stabil di pasaran yakni kisaran Rp110.000 hingga Rp120.000 per kilogram dan mudah-mudahan harganya tetap stabil hingga Lebaran nanti," tuturnya. 

Menurutnya, Kabupaten Jember terkenal sebagai salah satu daerah penghasil daging sapi, bahkan pada tahun 2015 menduduki peringkat pertama sebagai daerah penghasil daging sapi tertinggi di Jawa Timur. 

"Selain memenuhi kebutuhan lokal, daging sapi asal Jember juga dikirim ke daerah lain seperti ke Jakarta dan  Bandung," ujarnya.

Selain stok daging sapi, Disperikel Jember juga memastikan stok daging ayam potong untuk kebutuhan masyarakat jelang Ramadhan hingga Lebaran 2016 dipastikan cukup, namun harga ayam potong masih fluktuatif.

"Untuk daging ayam ras, persediaannya berkisar 13 ton sampai 16 ton perhari, sedangkan kebutuhan masyarakat sebanyak 11 ton hingga 14 ton per hari, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir stok daging ayam aman," katanya.

Sementara salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Tanjung Jember, Sami mengatakan harga daging sapi kualitas bagus sebesar Rp110.000 per kilogram, sedangkan untuk daging rawon bervariasi berkisar Rp80.000 hingga Rp90.000 per kilogram.

"Harga daging sapi masih tetap stabil dan cenderung tinggi yakni Rp110.000 hingga Rp120.000 per kilogram dan saat ini dalam kondisi sepi karena tidak banyak warga yang membeli daging sapi karena harganya dinilai masih mahal," tuturnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016