Jember (Antara Jatim) - Bupati Jember Faida menargetkan Kabupaten Jember menjadi lumbung pangan nasional dan menjadi sentra komoditas andalan di sektor pertanian, sehingga diharapkan petani meningkatkan produksi padinya dan komoditas pertanian lain di masing-masing kecamatan.

"Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Kabupaten Jember ini akan dijadikan sentra percontohan untuk swasembada beras, sehingga kami berharap panen kali ini sesuai harapan," kata Bupati Faida dalam acara tasyakuran petik padi di Desa Kesilir, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Jember juga menyerahkan bantuan bibit tanaman padi dan alat traktor tangan (hand tractor) untuk memudahkan para petani bercocok tanam kembali.

"Alat-alat tersebut merupakan salah satu alat pertanian canggih yang sengaja diberikan kepada para petani untuk mempermudah para petani dalam meningkatkan prokduksi padi," tuturnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada gabungan kelompok tani, penyuluh, dan anggota TNI yang menyukseskan program swasembada beras di Kabupaten Jember.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Jember Hari Wijayadi mengatakan Jember termasuk salah satu penyumbang beras terbesar tingkat nasional. "Beras di Jember, setiap tahunnya mampu memenuhi kebutuhan kabupaten dan kota lain di Indonesia," katanya.

Menurut dia, target produksi padi di Jember pada tahun 2016 sebanyak 1.060.000 ton, sehingga diharapkan semua pihak baik petani, penyuluh, maupun anggota TNI untuk mencapai target produksi padi tersebut.

"Target produksi padi tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu sebesar 1.030.000 ton, sehingga diharapkan semua pihak ikut membantu untuk merealisasikan produksi padi di Jember," ujarnya.

Ia menjelaskan Jember selalu "surplus" dalam produksi padi karena Jember menjadi salah satu lumbung pangan di Jawa Timur, sehingga diharapkan target produksi gabah kering giling mencapai 1.060.000 ton dapat tercapai.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas mengatakan bintara pembina desa siap untuk membantu petani dalam meningkatkan produksi padi di Kabupaten Jember.

"Seluruh anggota Koramil hingga Kodim akan membantu para petani dalam meningkatkan produksi padi, sehingga menunjang hasil panen yang lebih optimal," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016