Jember (Antara Jatim) - Mahasiswa Program Studi Televisi dan Film Fakultas Sastra, Universitas Jember (Unej) Riandhani Yudha Pamungkas menjadi juara pertama kompetisi video perjalanan komunitas motor (touring) yang bertajuk "Levi's Journey 2016".

"Saya sengaja mengangkat keindahan Pantai Bandealit di kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang masih alami, sekaligus ingin mengenalkan kekayaan potensi wisata di Jember, sehingga tidak hanya Pantai Papuma saja," kata Riandhani Yudha Pamungkas di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu.

Dalam videonya, Rian melibatkan sepuluh anggota komunitas Raung Adventure Trail Jember sebagai aktor utamanya, sedangkan untuk pengambilan gambar dilakukan selama dua hari satu malam yang melibatkan tiga orang kru, termasuk Rian yang bertindak selaku konseptor sekaligus sutaradara.

Menurut dia, konsep video yang dibuat berangkat dari riset akan kekuatan dan keunikan produk, yang dikemudian disandingkan dengan karakter komunitas Raung Trail Adventure sebagai komunitas motor yang sering beraktivitas di alam bebas.

Konsep tersebut digambarkan oleh Rian melalui adegan-adegan yang menampilkan semangat pantang menyerah, loyalitas, dan kerjasama dalam menghadapi segala rintangan.

"Proses pengambilan gambar penuh perjuangan, mulai dari jalan menuju pantai Bandealit yang buruk hingga drone yang digunakan untuk pengambilan gambar sempat jatuh hingga rusak," tuturnya.

Kerja keras Rian terbayar lunas karena dewan juri yang terdiri dari enam orang menilai video yang dibuat mahasiswa PSTF Unej itu memiliki cerita yang kuat, pengambilan gambar yang bagus, dan diiringi lagu yang mendukung, sehingga layak diganjar sebagai juara pertama.

 "Hadiahnya berupa uang tunai sebesar Rp50 juta yang diserahkan oleh perwakilan Levi’s di Jakarta beberapa waktu lalu," katanya.

Ia menjelaskan hadiah yang diterima tersebut akan digunakan untuk membiayai pembuatan film dokumenter non narasi mengenai daerah Tapal Kuda sebagai tugas akhir dan saat ini pengerjaannya masih berjalan 20 persen.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016