Kue bolu kukus (Boku) yang biasanya berbentuk polos, kini bisa divariasikan dengan berbagai macam karakter yang diinginkan pembuatnya. Ada karakter hewan, tokoh kartun atau hanya sekadar variasi huruf. Sentuhan warna yang bermacam-macam juga membuat penampilan si bolu ini makin menarik.

Bentuk kuenya yang mungil ditambah dengan karakter yang bervariasi, membuat si boku ini semakin menarik untuk dinikmati. Sangat pas jika disajikan sebagai penganan pendamping minum kopi atau teh di sore hari. Disajikan hangat atau juga dingin tak menjadi persoalan.

Afifah Rizki Sofiana mahasiswa semester akhir di perguruan tinggi negeri ini mengaku sengaja memilih membuat si boku karena ingin mencoba pasar baru. "Selama ini kue bolu hanya terlihat polos dan kurang nyaman untuk dilihat," tutur perempuan berkerudung ini.

Atas inisiatif itu, dirinya mencoba menambahkan bentuk karakter pada si bolu yang dibuatnya itu. Dan respons dari pelanggannya sangat positif. Meskipun, penjualan si boku masih berkutat seputar Kabupaten Sidoarjo saja.

Ia sendiri mengaku untuk pemasarannya lebih banyak mengandalkan jaringan media sosial seperti instagram atau yang lainnya untuk menggaet pembeli. Bentuknya yang unik disertai dengan warna yang menarik, membuat pelanggannya terus mengalir.

Dalam sehari dirinya bisa menjual puluhan kue bolu kukus karena kebanyakan pembelinya adalah segmentasi anak muda usia 17 sampai dengan 25 tahun. Bahkan ada yang khusus memesan si bolu dalam karakter huruf "selamat ulang tahun". 

"Para pelanggan mengaku sengaja memilih huruf tersebut untuk merayakan ulang tahun, karena si bolu itu buat dalam rangkaian tulisan. Ada juga karakter kartun yang diinginkan seperti doraemon atau juga tokoh minion sesuai dengan pesanan," ujarnya.

Untuk masalah harga, perempuan asal Jawa Tengah ini mengaku menjual si bolu dengan harga Rp3 ribu rupiah dengan pemesanan minimal enam buah si bolu. Hal itu dilakukan karena setiap satu resep si bolu bisa dibuat untuk enam buah si bolu.

Berbicara soal rasa, si bolu ini terasa lebih empuk dan kenyal saat pertama kali masuk ke dalam mulut. Porsinya yang kecil, rasanya tak cukup jika hanya mencicip satu buah bolu kukus. Ya enam buah rasanya cukup pas untuk menemani acara minum teh atau kopi di sore hari.

Jadi, jika ingin membeli si bolu karakter bisa langsung datang ke tokonya di Jonika Agen Snack, Jalan SMP 6 Sidoarjo, Rangkah Lor, Bluru Kidul Sidoarjo, Jawa Timur. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016