Surabaya (Antara Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero yang mewakili Indonesia dalam olahraga antarpelabuhan ASEAN menargetkan meraih juara umum dalam ajang yang dikenal dengan "Asean Port Association" (APA) Sport Meet yang berlangsung di Vietnam, Mei 2016.
    
Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto, Minggu mengatakan agenda APA Sport Meet 2016 akan berlangsung selama tiga hari, yakni mulai tanggal 10 Mei hingga 13 Mei 2016, tepatnya di Kota Ho Chi Minh. 
     
"Kompetisi olahraga antarpelabuhan se-ASEAN tahun 2016 ini merupakan kali penyelenggaraan yang ke 12, dengan mempertandingkan enam cabang olahraga yaitu golf, futsal, badminton, mini marathon, tenis meja dan tenis lapangan," katanya.
     
Untuk mencapai target itu, Edi mengaku pihak Pelindo telah menyiapkan strategi, seperti dengan menyelenggarakan pemusatan latihan atau dikenal dengan istilah training center (TC) selama sepekan pada awal Mei 2016 di Surabaya. 
     
"Nantinya para atlet akan dikarantina dan menjalani latihan secara intensif selama mengikuti pemusatan latihan, dan melakukan latih tanding dengan klub-klub ternama di Surabaya," katanya.
     
Edi mengatakan target juara umum adalah dengan memperolehan 24 medali emas dari 33 medali emas yang diperebutkan.
     
"Potensi medali yang bisa didapat di antaranya 4 medali dari golf, 4 medali dari mini maraton, 3 medali dari tenis lapangan, dan 6 medali diprediksi dari cabang tenis meja dan badminton serta 1 medali dari cabang futsal," kata Edi.
     
Edi mengatakan atlet yang akan dikirim dan mengikuti kompetisi olahraga antarpelabuhan berasal dari para atlet pemenang kompetisi Porseni Pelindo I-IV di Medan 2015.
     
Sementara itu, ajang APA Sport Meet digelar setiap dua tahun, dan diikuti oleh pelabuhan dari sembilan negara ASEAN yakni Malaysia, Indonesia, Thailand, Brunei Darusalam, Vietnam, Singapura, Philiphina, Kamboja dan Myanmar.
     
Total medali yang diperebutkan sebanyak 33 medali emas, dengan rincian 6 medali emas dari cabang olahraga golf, 1 medali emas dari futsal, 8 medali emas dari mini marathon, 6 Medali emas dari tenis lapangan, 6 medali emas tenis meja, 6 medali badminton.
   
"Semoga kontingen Indonesia yang diwakili dari atlet putra dan putri terbaik Pelindo I, II,III dan IV mampu mengharumkan nama Indonesia dengan mempersembahkan juara umum," katanya.(*)



Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016