Jember (Antara Jatim) - Ketua DPRD Kabupaten Jember, Thoif Zamroni, mengatakan pimpinan DPRD Jember akan menghadiri pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Jember terpilih, Faida-Abdul Muqit Arief di Gedung Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/2).
 
"Empat orang pimpinan dewan sudah mendapat undangan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Jember, namun saya tidak tahu apakah semuanya hadir atau tidak dalam pelantikan tersebut," tuturnya.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan undangan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Jember terpilih tersebut hanya diberikan kepada pimpinan dewan, sedangkan ketua komisi dan fraksi tidak mendapatkan undangan pelantikan.

"Hanya pimpinan dewan yang berangkat malam ini untuk menghadiri pelantikan yang dijadwalkan pada 17 Februari 2016 pukul 09.00 WIB di Gedung Grahadi," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jember Ayub Junaidi dari Partai Kebangkitan Bangsa mengaku tidak akan menghadiri acara pelantikan tersebut dan memilih tinggal di Gedung DPRD Jember.

"Saya bagi-bagi tugas dengan pimpinan dewan lainnya, sehingga tiga pimpinan DPRD Jember menghadiri pelantikan dan saya jaga gawang di DPRD Jember, khawatir ada aspirasi masyarakat yang datang ke dewan," tuturnya.

Kabag Humas Pemkab Jember, Zainal Abidin mengatakan Bupati dan Wakil Bupati Jember terpilih, Faida dan KH Abdul Muqiet Arief hadir secara langsung untuk mengikuti gladi bersih pelantikan yang dilaksanakan di Gedung Grahadi Surabaya.

"Gladi bersih upacara pengangkatan sumpah jabatan dan pelantikan, serta serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021 dilaksanakan secara serentak di Gedung Grahadi untuk 17 kabupaten/kota di Jatim yang sudah melaksanakan pilkada serentak pada 9 Desember 2015," katanya menjelaskan.

Pelantikan 17 kepala daerah di Jatim itu dilakukan sebanyak dua gelombang, yakni gelombang pertama diikuti sembilan pasangan, yaitu Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo, Banyuwangi, Situbondo, Mojokerto, Sumenep, Gresik, Lamongan, Jember, dan Trenggalek.

Untuk gelombang kedua diikuti delapan pasangan, yaitu Bupati dan Wakil Bupati Kediri, Ngawi, Malang, Blitar, Ponorogo, kemudian Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya, Kota Pasuruan, dan Kota Blitar. 

"Jember mendapat jadwal pelantikan gelombang pertama yang dilaksanakan pukul 09.00-11.00 WIB," katanya.

Informasi yang dihimpun di lapangan, sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Jember berinisiatif menghadiri pelantikan tersebut, meskipun tidak diundang dalam acara pelantikan itu.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016