Kediri (Antara Jatim) - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berjanji akan memperbaiki pembuatan saluran air di kota ini, sehingga air tidak lagi menggenang terutama saat hujan dengan intensitas tinggi terjadi.

"Kami sudah merapatkan untuk lubang gorong gorong akan dibesarkan. Selain itu, juga sudah merapatkan ideal lubang itu," kata Wali Kota dikonfirmasi terkait dengan masih seringnya banjir di sejumlah jalan protokol Kota Kediri, Kamis.

Ia mengatakan, banjir bukan hanya masalah gorong-gorong yang sudah diperbaiki atau belum. Namun, yang juga harus diperhatikan adalah serapan air di wilayah kota.

Pemkot, kata dia, sedang mengkaji terkait dengan rencana pembangunan lahan hijau untuk serapan air. Diharapkan, nantinya berbagai proyek fisik, diharapkan yang bisa membuat serapan air. Ia pun menganjurkan agar dana untuk prodamas juga bisa dialokasikan untuk itu, sehingga air di daerah mereka tidak menggenang saat hujan turun.

"Kami sosialisasikan agar ada lahan hijau untuk serapan air. Prodamas bisa diamnfaatkan untuk itu, membuat lahan hijau untuk menabung air," ujarnya.

Wali Kota mengaku, sebelumnya sudah mengadakan rapat dengan tim terkait terkiat dengan berbagai masalah yang dihadapi terutama saat penghujan. Di sejumlah titik jalan protokol di Kota Kediri air sering menggenang dan tidak langsung masuk ke dalam saluran air. 

Ia pun juga sudah meminta agar instansi terkait juga sigap dengan rajin membersihkan saluran air dari berbagai sampah. Selain itu, ia pun meminta masyaraka juga berpartisipasi ikut menjaga lingkungan, dengan kerja bakti bersama setiap tiga bulan sekali. 

"Kami buat gerakan sekolah bersih tiap tiga bulan sekali, warga wajib membersihan selokan minmal di depannya masing-masing," ucapnya, berharap.

Sejumlah jalan protokol di Kota Kediri sering terendam air, terutama ketika hujan deras terjadi. Beberapa jalan itu di antaranya di Jalan Patimura, di Kelurahan Banjaran, Kota Kediri. Selain itu di Kelurahan Balowerti, Kota Kediri, juga terjadi banjir jika hujan turun dengan sangat deras.

Pada 2015, Pemkot Kediri memperbaiki saluran air di 19 titik di antaranya di Jalan Brawijaya, Jalan Diponegoro, Jalan Kilisuci dan sejumlah jalan lainnya. Pada 2016, sejumlah titik saluran air di kota ini juga akan diperbaiki ulang. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016