Madiun (Antara Jatim) - Wali Kota Madiun Bambang Irianto meminta wartawan harus "on the track" atau sesuai jalur saat menjalankan tugasnya mencari dan menyajikan sebuah berita.

Pernyataan tersebut diungkapkan Bambang Irianto saat acara syukuran dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2016 bersama puluhan wartawan Madiun yang tergabung dalam Forum Wartawan Eks-Keresidenan Madiun (FWM) di Ruang 13 Gedung Balai Kota Madiun, Rabu.

"Dengan on the track, saya yakin wartawan itu akan jujur, profesional, dan mengabarkan fakta," ujar Bambang Irianto.

Menurut dia, wartawan dengan Pemerintah Kota Madiun selama ini memiliki hubungan yang baik. Melalui hubungan baik tersebut, pemkot ingin wartawan juga berkontribusi dalam pembangunan di Kota Madiun.

"Melalui semangat HPN 2016, saya ingin kerja sama yang telah terjalin dapat lebih baik lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata dia.

Ia menjelaskan, banyak kasus terjadi, karena tuntutan bisnis dan industri media, membuat wartawan meninggalkan kode etik jurnalistik saat menunaikan tugas peliputannya. Sehingga timbul istilah "bad news is good news" guna mengejar sensasi dan keuntungan.

Untuk itu, ia meminta wartawan saat ini, terlebih yang memiliki tugas peliputan di wilayah Kota Madiun, untuk bekerja sesuai kode etik jurnalistik.

Perwakilan wartawan dari Harian Birawa, Sudarno, mengatakan menjadi tugas penting bagi seorang wartawan untuk memberitakan fakta dan kebenaran.

"Sebagai sesama insan pers, saya mengimbau teman-teman wartawan semua menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dalam tugas peliputan. Dan yang tidak kalah penting adalah, memiliki sertifikat dengan mengikuti uji kompetensi wartawan. Sebab hal itu sesuai dengan aturan yang berlaku," tutur Sudarno.

Pihaknya juga meminta Pemerintah Kota Madiun memberikan kemudahan akses kepada narasumber di lingkungan pemda setempat demi kelancaran kerja sama dan tugas peliputan wartawan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Madiun, Misdi, mengatakan, peringatan HPN tahun 2016 kali ini bertujuan agar komunikasi antara pers dengan jajaran Pemkot Madiun dapat terbangun lebih dekat lagi.

"Sehingga, hubungan pers dan pejabat di lingkup Kota Madiun dapat lebih baik demi pembangunan Kota Madiun yang lebih sejahtera," imbuh Misdi.

Sementara, acara syukuran memperingati HPN 2016 di Kota Madiun ditandai dengan pemotongan tumpeng syukuran oleh Wali Kota Madiun Bambang Irianto yang diserahkan ke perwakilan wartawan yunior, Eka Wulan dari RRI, dan pemotongan kue ulang tahun yang diserahkan ke wartawan senior, Sudarno, dari Harian Birawa.

Hadir juga dalam acara tersebut, Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto, Sekretaris Daerah Kota Madiun Maidi, dan semua jajaran SKPD di lingkup Pemerintah Kota Madiun. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016