Tahu merupakan salah satu makanan favorit warga Indonesia. Tahu bisa diolah menjadi beragam makanan ataupun cemilan, misalnya digoreng, dibuat pepes, maupun dijadikan bakso tahu.

Cemilan bakso tahu juga beragam. Makanan ini banyak digandrungi, baik anak-anak maupun dewasa. Makanan olahan daging dengan tepung kanji dan dicampur dengan aneka bumbu rempah menyatu dalam balutan tahu yang digoreng kering. 

Bakso tahu enak dinikmati dengan digoreng ataupun dengan kuah. Dengan dipadu saus tomat ataupun dimakan dengan cabai, wuihhh nikmat sekali. Namun, di kawasan wisata Pantai Boom, Banyuwangi, terdapat menu bakso tahu yang tidak biasa. Namanya "tahu walik".

Adalah di warung Mbak Nur, yang menyediakan menu bakso tahu yang unik ini. Tahu putih digoreng biasa hingga kering, lalu didinginkan dan setelahnya diwalik, sehingga bagian warna cokelat ke dalam dan dari luar warna putih. Tahu ini diisi dengan adonan bakso dan digoreng.

Strategi usaha yang diterapkan Nur Hikmah sukses besar. Cemilan jualannya laris manis. Dalam sehari, ia bisa menjual sampai 600 potong tahu, bahkan saat libur akhir pekan bisa sampai 900 potong tahu. Jumlah ini masih potongan panjang, dan biasanya jika akan dibuat menu tahu walik, tahu dipotong lagi menjadi dua bagian dan digoreng.

"Dulu saya jualan bakso ada delapan tahun, terus akhirnya menyewa kios di kawasan pantai ini dan banyak wisatawan yang bertanya tahu dan bakso, akhirnya saya buat menu tahu walik ini," paparnya mengawali usahanya di kios ini.

Nur mengaku sudah setahun menjual menu tahu walik ini, dan jualannya selalu laris. Ia pun tak pelit berbagi resep jualannya. Ternyata, bumbunya sangat sederhana, hanya bumbu dasar membuat bakso untuk isian dari tahu, yaitu daging, tepung, serta aneka bumbu dapur. 

"Kalau isi tahu sebenarnya adonan bakso, tapi yang harus diperhatikan adalah kualitas minyaknya. Saya menggunakan minyak kualitas terbaik, agar saat dimakan rasanya tidak serik," ujarnya.

Jika biasanya olahan bakso tahu ditemani dengan saus tomat ataupun cabai, namun cemilan tahu walik Mbak Nur ini dibuat berbeda dengan menggunakan saus petis yang dicampur dengan aneka bumbu dapur. Saus dimasak sampai mendidih, dengan tujuan agar rasanya lebih nikmat. Jika petis masih mentah orang yang mempunyai penyakit lambung bisa kembali jatuh sakit. 

Harga seporsi tahu walik yang dijual Mbak Nur ini cukup terjangkau, hanya Rp10.000 sudah mendapat 10 potong tahu walik goreng, plus semangkuk kecil sambal. Menikmati tahu walik goreng, sambil menikmati deburan ombak Pantai Boom, nikmatnya tak terkira.

Jika berkunjung ke pantai ini, Anda harus menyisihkan waktu untuk menikmati tahu walik yang gurih ini. Lokasinya, masih di kawasan pantai. Dijamin, satu porsi masih kurang dan akan nambah terus. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016