Jember (Antara Jatim) - Wisatawan yang hilang terseret ombak di Pantai Payangan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, belum ditemukan oleh tim SAR gabungan dan nelayan setempat hingga Selasa.

"Pencarian korban masih terus dilakukan, namun hingga saat ini belum ditemukan," kata anggota SAR Jember, Angga di Pantai Payangan.

Menurutnya, pencarian dan penyisiran korban yang hilang di sekitar perairan Pantai Payangan dilakukan dengan dua cara yakni pencarian di laut maupun penyisiran di darat untuk menemukan korban.

"Pencarian sudah dilakukan selama tiga hari sejak terjadinya kecelakaan laut pada Minggu (3/1), namun belum membuahkan hasil. Tim SAR terus melakukan pencarian sesuai dengan prosedur," tuturnya.

Tiga wisatawan yang masih anak-anak yakni Eva (10), Lia (11), Helen (8) yang merupakan warga Kabupaten Lumajang terseret ombak di perairan Pantai Payangan Jember pada Minggu (3/1), namun tim SAR Rimba Laut berhasil menyelamatkan Helen.

Dua korban lainnya yakni Eva ditemukan meninggal di sekitar perairan Pantai Payangan karena terlalu banyak minum air laut dan satunya Lia masih dinyatakan hilang akibat terseret ombak di sekitar perairan setempat.

"Kami berharap korban bisa segera ditemukan karena tim SAR gabungan berusaha maksimal untuk melakukan pencarian hingga ke Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) di Kecamatan Wuluhan," paparnya.

Sementara anggota Satpolair Jember, Ilyas mengatakan belum ada penutupan kawasan objek wisata tersebut karena sejauh ini kunjungan wisatawan masih dinilai belum mengganggu proses pencarian tim SAR gabungan.

"Memang ada rencananya untuk menutup sementara objek wisata Pantai Payangan, namun kami belum berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait termasuk kepala desa setempat, " tuturnya.

Selama liburan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, lanjut dia, Pantai Payangan yang terkenal dengan "Teluk Love" tersebut masih aman-aman saja dan hanya satu kejadian yang menyebabkan tiga wisatawan terseret ombak itu pada hari terakhir liburan.

"Saat liburan sekolah memang jumlah pengunjung luar biasa banyaknya hingga mencapai 10.000 lebih di Pantai Payangan, namun ada petugas SAR yang berjaga di sekitar pantai," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016