Surabaya (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum Kota Pasuruan, Jawa Timur, menetapkan Pasangan Setiyono-Raharto Teno Prasetyo (Sehat) sebagai pasangan Calon Wali Kota-Calon Wakil Wali Kota (Cawali-Cawawali) Pasuruan terpilih. 

“Keputusan pasangan pemenang yang terpilih, didasari hasil rekapitulasi suara yang menunjukkan Pasangan Sehat, memenangi Pilkada Kota Pasuruan,” kata Ketua KPU Pasuruan, Fuad Fhatoni ketika dikonfirmasi Antara di Surabaya dalam rapat pleno terbuka yang digelar di gedung Pusat Koperasi Pegawai Negeri (PKPN) Pergu Kota Pasuruan, Selasa.

Ia mengatakan hasil rekapitulasi suara Pilkada Kota Pasuruan, Pasangan Sehat yang diusung Partai Golkar, PDIP, Gerindra, PAN dan PPP, memperoleh 62.789 suara atau 55,51%.

Perolehan itu mengungguli perolehan Pasangan Hasani-Moh Yasin (Berhasil) yang diusung PKB, PKS, Partai Nasdem, Hanura dan PBB, meraih 49.086 suara atau 43,40%, Sedangkan Pasangan jalur perseorangan, Yus Samsul Hadi Subakir-Agus Wibowo (Iya) mendapat 1.231 suara atau 1,09%.

Surat Keputusan (SK) KPU Kota Pasuruan tentang pasangan terpilih, diserahkan langsung oleh Ketua KPU Kota Pasuruan, Fuad Fathoni kepada Calon Walikota (Cawali) Pasuruan terpilih, Setiyono.

Selain itu, tambahnya atas kerja keras dan dukungan semua pihak, maka menjadikan angka partisipasi pemilih di Kota Pasuruan sebesar 79,61 persen ini merupakan yang tertinggi di Jatim. 

"Angka partisipasi masyarakat Kota Pasuruan ini melebihi target partisipasi nasional yakni sebesar 75 persen. Terlebih penting, suasana politik masih tetap terjaga dan kondusif," paparnya.

Di sisi lain, kedua pasangan calon lainnya maupun tim sukses dari Pasangan Berhasil dan Pasangan Iya, tidak nampak hadir dalam rapat pleno terbuka KPU Kota Pasuruan tersebut. 

Selain tidak dihadiri dua pasangan calon lainnya, rapat pleno terbuka ini juga tidak dihadiri Wakil Walikota (Wawali) terpilih Raharto Teno Prasetyo.

Absennya Raharto Teno Prasetyo yang direkomendasi PDIP ini menimbulkan beragam spekulasi. Pada momen penting coblosan 9 Desember lalu, Teno yang masih tercatat sebagai warga Kota Malang ini juga tidak menampakkan diri, namun setelah pasangan Sehat dinyatakan menang, ia sempat menemui cawali Setiyono.

Walikota Pasuruan terpilih, Setiyono, mengungkapkan, ketidak hadiran wakilnya dalam momen penting tersebut karena alasan kesehatan. Pada komunikasi sebelumnya, Raharto Teno berjanji akan datang. Namun hingga acara bubar, Teno tidak juga hadir merayakan momen istimewa tersebut.

"Pak Teno sedang kurang enak badan, namun mudah-mudahan nanti bisa hadir ketika pelantikan," kata Setiyono.

Pada kesempatan tersebut, Walikota terpilih Setiyono, mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu padu membangun Kota Pasuruan. Sudah saatnya, masyarakat mengkotak-kotakkan para pendukung calon A dan calon B.

"Kita harus bekerja keras untuk membangun Kota Pasuruan agar lebih maju dan berkembang. Sehingga program pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat bisa dirasakan manfaatnya," tandasnya. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015