Jember (Antara Jatim) Tim sukses dari dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jember baik Sugiarto-Dwi Koryanto maupun Faida-A.Muqit Arief saling klaim menang dalam penghitungan suara yang dilakukan masing-masing tim pemenangan tersebut.

Koordinator Tim Kerakyatan Sugiarto-Dwi Koryanto, Sudarisman, Kamis, mengatakan hasil penghitungan yang telah dilakukan di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) menunjukkan kemenangan yang tipis.

"Pasangan nomor urut 1, Sugiarto-Dwi Koryanto mendapat suara 50,6 persen, sedangkan pasangan nomor urut 2, Faida-A.Muqit Arief mendapat perolehan 49,4 persen," tuturnya di Posko Pemenangan Jember

Menurut dia, kemenangan tipis tersebut akan dikawal dengan ketat dan harus maksimal untuk mempertahankan hasil perolehan suara sesuai dengan penghitungan secara riil yang dilakukan oleh Tim Kerakyatan.

"Kami akan kawal proses penghitungan dari TPS ke kecamatan hingga tingkat kabupaten, sehingga hasil penghitungan tersebut sesuai dengan data perolehan suara yang sudah kami rekap melalui masing-masing saksi," ucap mantan Ketua KPU Jember itu.

Sementara anggota tim sukses Faida-A.Muqit Arief, Sigit, mengatakan hasil perolehan suara berdasarkan lembaga survei Polmark masih kurang 16 TPS yang belum masuk, namun Faida-A. Muqit Arief unggul sementara.

"Pasangan nomor urut satu mendapatkan suara sebanyak 46,22 persen dan pasangan nomor urut dua sebanyak 53,78 persen, sehingga ada selisih sekitar 7 persen lebih," tuturnya.

Kendati demikian, lanjut dia, pihak tim pemenangan Faida-Muqit masih menunggu rekapitulasi resmi dari penyelenggara pilkada yakni Komisi Pemilihan Umum yang melakukan penghitungan dari TPS, kemudian kecamatan, hingga kabupaten.

"Kami tidak melakukan euforia terkait dengan kemenangan hasil sejumlah lembaga survei dan hitung nyata yang dilakukan tim sukses, sehingga kami menunggu data resmi dari KPU Jember," katanya.

Data yang dihimpun Antara dari berbagai sumber yakni data perolehan suara dari Bakesbangpol Jember tercatat perolehan suara pasangan Sugiarto-Dwi Koryanto sebanyak 455.748 suara (45,80 persen) dan pasangan Faida-A. Muqit Arief mendapatkan 524.700 suara (52,73 persen). (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015