Sidoarjo, (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mensosialisasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) kepada warga binaan di dalam Lembaga Pemasyarakatan Sidoarjo.

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, Zainal Abidin, Rabu, mengatakan, sosialisasi tersebut ditujukan kepada warga binaan asal Kabupaten Sidoarjo yang saat ini sedang di tahan di dalam Lapas.

"Sosialisasi ini kami lakukan supaya warga binaan yang ada di dalam lapas tersebut mengetahui tahapan pemilihan kepala daerah yang saat ini sedang berlangsung," katanya.

Ia mengemukakan, selain di Lapas Sidoarjo, sosialisasi serupa juga sudah dilakukan di Rumah Tahanan Medaeng dan juga di Lapas Porong.

"Masyarakat yang ada di dalam lapas ini berhak mengetahui dan juga memahami tata cara pencoblosan yang benar dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah ini," katanya.

Ia mengatakan, sosialisasi terhadap pemilih juga terus dilakukan oleh KPU Sidoarjo kepada warga masyarakat yang lain seperti di masyarakat berkebutuhan khusus.

"Penyandang disabilitas juga menjadi salah satu target sosialisasi yang kami lakukan, di samping warga masyarakat lain terutama yang ada di wilayah pinggiran juga tak luput dari program sosialisasi yang sudah kami lakukan," katanya.

Ia mengatakan, segala macam upaya melakukan sosialisasi baik secara langsung atau juga melalui media spanduk dan sejenisnya sudah dilakukan oleh KPU Sidoarjo.

"Semua upaya yang kami lakukan ini dilakukan untuk memaksimalkan tingkat partisipasi masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya pada saat pemilihan kepala daerah mendatang," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015