Sydney, Australia (Antara/AFP) - Jepang mendukung kapal perang Amerika Serikat mendekati pulau yang disengketakan di Laut Tiongkok Selatan pada Minggu namun tidak berencana untuk mengirimkan  pasukan angkatan lautnya untuk membantu operasi tersebut.

Pada bulan lalu Wahington menyulut amarah Beijing ketika kapal penghancur USS Lassen berlayar kurang dari 12 mil laut dari satu rangkaian pulau yang diklaim oleh Tiongkok di wilayah kepulauan Spratly.

Pihak berwenang Tiongkok mengawasi dan memperingatkan kapal-kapal untuk menjauh, namun tidak menghalangi, meskipun Beijing kemudian memanggil Duta Besar Amerika Serikat dan mengadukan apa yang mereka anggap sebagai ancaman bagi kedaulatannya.

Laporan minggu lalu mengatakan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berkata kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama di sela-sela konferensi APEC di Manila bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk mengirim armada kapal Jepang untuk membantu operasi Amerika di wilayah tersebut.

Tetapi Menteri Pertahanan Gen Nakatani mengecilkan usulan tersebut setelah pertemuan bilateral dengan Menteri Pertahanan Australia Marise Payne dan Menteri Luar Negeri Julie Bishop di Sydney.

"Kami secara aktif telah mencoba membantu menstabilkan wilayah tersebut namun sejauh yang kami khawatirkan tidak ada rencana untuk berpartisipasi dalam operasi kebebasan bernavigasi Amerika Serikat. Pada konferensi Amerika Serikat dengan Jepang (di Manila), saya percaya Perdana Menteri Abe menyampaikan sikap tersebut kepada Presiden Obama," ujarnya. (*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015