Mojokerto, (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo melepas peserta gerak jalan perjuangan Mojokerto-Surabaya di Alun-Alun Kabupaten Mojokerto, Sabtu.

"Gerak jalan ini salah satunya untuk memperingati jasa-jasa para pejuang yang gugur dalam berjuang melawan penjajah," katanya.

Ia mengemukakan, dalam gerak jalan yang menempuh jarak sekitar 55 kilometer tersebut tidak hanya sekedar gerak jalan biasa, tetapi harus dilakukan secara mendalam.

"Arek-arek Jawa Timur harus tetap bersemangat dalam melanjutkan perjuangan yang ada saat ini. Arek-arek Jawa Timur, harus berani. Jangan sampai terjadi gesekan di dalam pelaksanaan gerak jalan ini," katanya berpesan kepada peserta gerak jalan.

Dalam pelaksanaan Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya yang digelar Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Provinsi Jawa Timur itu diikuti 10.824 orang, yakni peserta perorangan 5.661 orang yang terdiri dari peserta wanita 2.662 orang dan peserta pria 2.999 orang. Sisanya adalah peserta beregu yang terdiri dari beregu umum 534 regu, beregu TNI/Polri 32 regu dan beregu pelajar sebanyak 42 regu. Kelompok beregu pelajar merupakan kategori yang baru dilombakan pada tahun ini.

Selain peserta gerak jalan perjuangan, ajang ini juga diramaikan dengan kehadiran sekitar empat ribu komunitas sepeda kuno yang pengendaranya mengenakan baju perjuangan. 

Peserta sepeda kuno dari berbagai daerah seperti Kalimantan, Jabar, DKI Jakarta, Jogya, Jateng dan wilayah Jatim.

Rute gerak jalan Mojokerto - Surabaya, start Alun-alun Kota Mojokerto menuju Jalan Majapahit - Jalan Bhayangkara – Jalan Gajahmada menuju Jalan Raya Mlirip, Kecamatan Jetis melalui depan Pabrik Tjiwi Kimia ke Pasar Krian (Pos I) - Jalan Raya Trosobo – Jalan Raya Kletek – Sepanjang (Pos II).

Dari Pos II menuju Karang Pilang – Jalan Gunung Sari (Yani Golf) – Terminal Joyoboyo – Kebun Binatang Surabaya – Jalan Diponegoro – Jan Pasar Kembang – Jalan Kedung Doro – Jalan Blauran – Jalan Bubutan – Jalan Pahlawan – Jalan Kebun Rojo dan berakhir di Tugu Pahlawan di depan Kantor Gubernur Propinsi Jawa Timur.

Dalam pelepasan itu, Gubernur didampingi Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, Komandan Korem 082/CPYJ Kolonel Inf Irham Waroyhan, Wali Kota Mojokerto Drs. KH. Mas’ud Yunus serta Pjs. Bupati Mojokerto Dr. Ir. Moch. Ardi Prasetyawan. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015