Jember (Antara Jatim) - Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember meraih empat medali dalam Kejurnas Silat Perisai Diri AntarPerguruan Tinggi XXV merebutkan Piala Presiden 2015 di Universitas PGRI Semarang.

"Enam pesilat delegasi IAIN Jember meraih dua medali perak dan dua medali perunggu dalam Piala Presiden itu," kata Humas IAIN Jember, Minan Jauhari, di Kampus STAIN Jember, Senin.

Enam atlet yang meraih medali yakni Edi Purwanto, Arpan Holidi, Isnan Fanani, Riski Yulia Anggraeni, Silsilatil Isra’iyah, dan Jamilatus Sa’diah yang merupakan anggota pesilat Perisai Diri IAIN Jember.

"Mereka mengukir prestasi yang membanggakan di tingkat nasional karena kejuaraan yang digelar pada tanggal 4-7 Nopember 2015 itu diikuti oleh 365 atlet dari 40 perguruan tingggi se-Indonesia," tuturnya.

Menurutnya, medali yang berhasil diboyong oleh delegasi IAIN Jember yakni dua medali perak kategori kerapian beregu teknik asli dan kategori kerapian  beregu senjata wajib oleh pesilat Edi Purwanto, Arpan Holidi, dan Isnan Fanani.

"Sedangkan medali perunggu juga berhasil diraih oleh Jamilatus Sa'diah pada kelas D putri dan pasangan Rizki Yulia Anggraeni dan Silsilatil Isra'iyah pada kategori kerapian berpasangan tangan kosong putri kelompok A," paparnya.

Salah seorang atlet yang juga Ketua Unit Bela Diri Mahasiswa (UBM) IAIN Jember, Edi Purwanto mengaku bersyukur atas prestasi yang telah diraih para pesilat IAIN Jember.

"Kami akan berupaya untuk tidak terlena dengan kemenangan ini, sehingga harus tetap berlatih karena pada tahun 2016 ada kegiatan Perisai Diri tingkat Internatoinal Championship yang akan diselenggarakan di Jatim," katanya.

Ia mengatakan prestasi tersebut harus menjadi inspirasi untuk lebih semangat lagi dalam berlatih karena semakin banyak berlatih sama halnya telah berkontribusi dalam melestarikan  pencak silat yang merupakan budaya bangsa Indonesia.

Kejurnas yang mengangkat tema "Peranan Pencak Silat dalam Ketahanan Budaya Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN, serta Membangun Karakter dan Jati Diri Pesilat Berbasis Nilai-Nilai Luhur Budaya Nasional Untuk Mewujudkan Generasi Emas Syarat Kualitas".

Pada Kejurnas pencak silat tersebut, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sukses memboyong piala bergilir Presiden RI karena berhasil menyabet juara umum dengan meraih lima medali emas, tiga perak, dan tujuh medali perunggu.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015