Sidoarjo, (Antara Jatim) - Penjabat Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Jonathan Judianto mendorong kepada siswa di kabupaten setempat untuk memahami, manghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam.

"Kami mendorong kepada siswa untuk memahami pelajaran agama Islam salah satunya  melalui Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ini," katanya saat memberikan sambutan pada Pekan Ketrampilan Pentas PAI ke 7 yang digelar oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Sidoarjo, Rabu.

Ia mengemukakan,  kegiatan tersebut sangat penting untuk diselenggarakan karena kegiatan tersebut berisi pemahaman, penghayatan serta pengamalan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam program Pendidikan Agama Islam di sekolah.

"Sehingga nantinya dapat diimplementasikan kedalam sikap dan pendidikan siswa yang berakhlaktul karimah," katanya.

Ia juga mengatakan ketrampilan dan seni yang menjadi inti dari Pentas PAI harus mampu meningkatkan seni sebagai wahana yang efektif dalam memberikan pemahaman dan penghayatan ajaran agama Islam.

"Dengan begitu para siswa akan selalu berkeinginan untuk selalu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Dalam kesempatan tersebut ia menghimbau kepada peserta lomba untuk bersifat sportif dalam mengikutinya.

"Kami meminta untuk menjadikan lomba tersebut sebagai wahana aktualisasi dan ekspresi kemampuan serta bakat dengan tetap menjunjung nilai-nilai persahabatan dan persaudaraan," katanya.

Sementara itu Ketua MGMP PAI Kabupaten Sidoarjo Wahid Dahlan mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi dan potensi peserta didik sekolah.

"Melalui kegiatan tersebut ia berharap akan tertanam sikap motivasi yang tinggi serta kemandirian dan sportifitas di kalangan peserta didik dalam berkompetisi dan berkompetitif," katanya.

Dalam Pentas PAI tahun ini melombakan beberapa kriteria seperti lomba cerdas cermat PAI, Pidato serta Musabaqah Khotil Quran (MKQ) dan Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ).

Lomba yang akan dilaksanakan selama dua hari tersebut dibagi menjadi dua tempat yaitu di Pendopo Delta Wibawa Pemkab Sidoarjo dan Masjid Agung Sidoarjo.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015