Jember (Antara Jatim) - Ratusan pelajar bersama warga menanam bibit cemara udang dan bakau di pesisir Pantai Payangan Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu, jelang peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia.

Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Jember, Masykur, mengatakan kegiatan penanaman bibit cemara udang dan mangrove di pesisir Pantai Payangan merupakan salah satu bentuk kegiatan menjelang peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 November.

"Sebanyak 300 bibit tanaman cemara udang merupakan bantuan dari Dinas Perkebunan, sedangkan 200 bibit bakau merupakan bantuan kelompok pengawas masyarakat Lumba-Lumba di Payangan," tuturnya.

Menurut dia, kegiatan serentak menanam mangrove dan cemara udang yang dilakukan warga bersama pelajar sebagai bentuk upaya untuk penghijauan di kawasan pesisir selatan Kabupaten Jember.

"Dengan adanya penanaman cemara udang dan bakau di kawasan pesisir Pantai Payangan diharapkan pantai bisa menjadi sejuk dan dipenuhi dengan tanaman yang rindang, sehingga bisa menarik wisatawan yang berkunjung ke sana," katanya.

Selain itu, lanjut dia, wisatawan yang berkunjung juga diajak untuk menanam cemara udang dan bakau sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan di kawasan pesisir selatan Jember.

"Mudah-mudahan ratusan bibit tanaman cemara udang dan mangrove yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan subur, sehingga perlu kepedulian semua pihak untuk merawat bibit tanaman yang sudah ditanam itu," paparnya.

Sementara salah seorang pelajar yang ikut dalam gerakan menanam cemara udang dan mangrove di Pantai Payanga, Anida mengaku senang bisa berpartisipasi dalam melakukan penghijauan di kawasan pesisir pantai.

"Sebagai pelajar kami juga peduli terhadap lingkungan di pesisir pantai dan kami sangat senang melakukan kegiatan menanam cemara udang dan bakau di Pantai Payangan," katanya.

Ia berharap tanaman yang sudah ditanam ratusan pelajar bersama warga setempat bisa tumbuh dengan subur, sehingga menjadikan kawasan Pantai Payangan lebih sejuk dan menjadi objek wisata bahari yang menjadi primadona di Jember.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015