Jember (Antara Jatim) - M. Hasan terpilih kembali menjadi Rektor Universitas Jember periode 2016-2020 berdasarkan hasil rapat anggota senat tertutup yang dihadiri oleh pihak Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Lantai 3 Gedung Rektorat kampus setempat, Selasa sore.

"M. Hasan mendapatkan sebanyak 96 suara, Jani Januar dan Slamin masing-masing mendapatkan 20 suara dari 88 anggota senat universitas yang hadir dan suara Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diwakili oleh Sekretaris Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Sutrisna Wibawa sebanyak 35 persen," kata Sekretaris Senat Universitas Jember, Zulfikar, di kampus Universitas Jember.

Pada pemilihan rektor tahap pertama yang dilakukan hanya anggota senat universitas pada 20 Oktober 2015 tercatat Hasan mendapatkan 54 suara, Prof Slamin mendapatkan 17 suara, dan Dr Jani Januar mendapatkan 15 suara.

"Jumlah anggota senat universitas sebanyak 89 orang, namun pada pemungutan suara pemilihan Rektor Unej hari ini sebanyak 88 orang hadir dan satu orang tidak hadir, sehingga keseluruhan suara anggota senat diprosentase menjadi 65 persen," katanya.

Sesuai ketentuan Permenristek Dikti Nomor 01 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor pada Perguruan Tinggi Negeri, pada pasal 7 disebutkan bahwa menteri memiliki 35 persen hak suara dari total pemilih dan anggota senat memiliki 65 persen hak suara, dengan masing-masing anggota senat memiliki hak suara sama.

"Suara Menristek Dikti sebanyak 35 persen dari total anggota senat sebanyak 89 orang atau setara dengan 48 suara, sehingga perwakilan Menristek tersebut memiliki 48 kertas untuk diisi sesuai dengan pilihan Menristek Dikti," katanya.

Sekretaris Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Sutrisna Wibawa enggan berkomentar banyak saat dikonfrmasi 48 suara tersebut diberikan kepada satu calon atau seluruh calon Rektor Unej.

"Itu rahasia, namun yang pasti Kemenristek mempertimbangkan visi misi yang disampaikan calon, kemudian menggelar rapat untuk memberikan suara dan kami hanya menjalankan amanah itu," tuturnya.

Ia menjelaskan hasil rapat senat Unej untuk memilih calon Rektor Unej tersebut sudah final dan berita acara itu akan disampaikan kepada Menristek Dikti Muhammad Nasir.

"Selanjutnya hanya menunggu kapan pelantikan Rektor Unej terpilih periode 2016-2020 itu yang disesuaikan dengan masa akhir jabatan Rektor sebelumnya yang kebetulan kini terpilih kembali untuk memimpin Unej," katanya.

Sementara M. Hasan mengaku bersyukur dengan hasil pemilihan Rektor Unej tersebut karena anggota senat universitas dan Menristek Dikti masih memberikan amanah kepadanya untuk memimpin Kampus Tegalboto Unej selama empat tahun ke depan.

"Bersyukur dalam artian proses pemilihan berjalan dengan lancar dan perjalanan pemilihan rektor juga berlangsung dengan kondusif," katanya.

Dalam penyampaian program kerja bakal calon Rektor Unej pada 5 Oktober 2015, petahana M. Hasan bertekad membawa Unej menjadi institusi unggul di kawasan Asia Tenggara karena globalisasi sudah di depan mata, bahkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan berlaku bulan Desember 2015 nanti. (*)
     

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015