Sumenep (Antara Jatim) - Penjabat Bupati Sumenep, Sudharmawan, dijadwalkan dilantik oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 2 November 2015.

"Hingga Jumat ini tidak ada perubahan jadwal. Penjabat Bupati Sumenep akan dilantik pada Senin (2/11) pekan depan," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Hadi Soetarto di Sumenep.

Masa jabatan Bupati-Wakil Bupati Sumenep periode 2010-2015, A Busyro Karim-Soengkono Sidik, telah berakhir pada 25 Oktober 2015.

Selama masa kekosongan bupati-wabup hingga ada pelantikan penjabat bupati, Gubernur Jawa Timur telah menunjuk Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Hadi Soetarto sebagai pelaksana harian bupati untuk menjalankan tugas rutin kepemerintahan.  

"Sesuai jadwal yang kami terima dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, geladi pelantikan Penjabat Bupati Sumenep akan digelar pada Minggu (1/11) di Gedung Negara Grahadi Surabaya," kata Atok, sapaan Hadi Soetarto.

Pelantikan Penjabat Bupati Sumenep oleh Gubernur Jawa Timur itu akan dihadiri oleh 50 orang yang diundang dalam kegiatan tersebut.

Atok menjelaskan, sejak beberapa hari lalu, pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya terkait rencana pelantikan Penjabat Bupati Sumenep.

"Surat undangan kepada para pihak terkait di Sumenep yang diundang untuk menghadiri pelantikan penjabat bupati juga telah kami layangkan," ujarnya.

Ia juga mengemukakan, pihaknya berencana meminta penjabat bupati untuk langsung ke Sumenep setelah pelantikan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, karena ada agenda penting kepemerintahan yang harus dilakukan langsung oleh penjabat bupati.

Sudharmawan yang ditunjuk gubernur sebagai Penjabat Bupati Sumenep itu adalah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur. 

A Busyro Karim-Soengkono Sidik yang merupakan pasangan calon terpilih hasil Pilkada Sumenep 2010 dilantik sebagai bupati-wabup setempat pada 26 Oktober 2010.

Sementara Pilkada Sumenep 2015 yang merupakan salah satu dari pelaksanaan pilkada serentak se-Indonesia pada tahun ini akan digelar pada 9 Desember 2015. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015