Surabaya, (Antara Jatim) -  PT Pertamina Gas (Pertagas) berencana menggarap proyek gas kota, dan sebagai percontohan atau "pilot project" pertama akan dilakukan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dengan kerja sama Korea Selatan pada November 2015.
  
Asisten Manajer PT Pertagas Ari Satria, Senin mengatakan rencana proyek gas kota akan dikerjakan langsung oleh anak perusahaan pertamina, namun sebelumnya akan dilakukan identifikasi lokasi terlebih dahulu.
    
"Kita tidak bisa langsung menerapkan teknologi mereka seperti yang diterapkan di Jepang atau Korea, sebab karakteristiknya berbeda yang diterapkan disana dengan yang diterapkan di Indonesia," kata Ari usai kegiatan Seminar Keselamatan Indutri Gas di Surabaya oleh "Indonesian Gas Society"  (IGS)
   
 Oleh karena itu, tutur Ari, sebelum kerja sama berlanjut ke proses selanjutnya Pertagas akan melakukan indentifikasi atau observasi terlebih dahulu untuk melihat karakteristik wilayah Sidoarjo.
    
Ia mengatakan, setelah Kabupaten Sidoarjo yang dijadikan sebagai wilayah percontohan pertama, selanjutkan akan menyebar ke sejumlah daerah lainya di Jawa Timur.
    
Ketika ditanya rincian kerja sama gas dengan Korea Selatan seperti besaran, volume atau nilai investasi proyek itu, Ari mengaku tidak bisa menyebut secara detail, namun dipastikan gas kota itu akan bermanfaat bagi semua kalangan, terutama rumah tangga.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015