Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menyambut kedatangan 448 orang jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama debarkasi Surabaya di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Selasa sore.

"Alhamdulillah dan selamat datang di Tanah Air. Semoga para jamaah menjadi haji mabrur," ujar Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, saat menerima kedatangan jamaah haji di ruang Mina bersama pejabat Kantor Wilayah Kementerian Agama Jatim.

Secara seremonial, orang nomor dua di Jatim tersebut menyempatkan sambutan dan mengajak para jamaah yang berasal dari Magetan dan sebagian Surabaya itu mendoakan jamaah yang wafat saat menunaikan ibadah haji.

"Semoga almarhum dan armahumah diterima di sisi Allah SWT, dan wafat saat menunaikan haji adalah orang-orang yang terpilih. Insya Allah syahid dan masuk surga Allah SWT," ucap ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut.

Sementara itu, mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu juga menyampaikan bahwa dua orang haji asal Malang, Jatim meninggal akibat crane jatuh di Mekkah, dan sampai saat ini teridentifikasi 10 orang meninggal dunia akibat tragedi Mina.

"Data terakhir, kami dan Kanwil Kementerian Agama menerima laporan masih ada 20 orang asal Jatim yang dinyatakan hilang dan belum kembali ke pemondokan," katanya.

Jika ditotal, lanjut dia, hingga kini tercatat 42 jamaah asal Jatim meninggal dunia, rinciannya dua orang karena crane, 10 orang korban tragedi Mina, dan 30 orang lainnya meninggal dunia karena beberapa sebab lain, terutama sakit dan usia.

"Jumlah korban tragedi Mina terbanyak, yakni tujuh orang berasal dari kloter 48 asal Probolinggo, kemudian satu orang kloter 36 asal Batu dan dua orang kloter 61 asal Kediri," kata mantan ketua umum Gerakan Pemuda Ansor itu.

Sebelum dipulangkan ke rumah masing-masing, seluruh jamaah haji akan diantar ke asrama haji Sukolilo di Surabaya untuk menjalani serangkaian tes medis khususnya MERS.

Terkait jumlah kedatangan di debarkasi Surabaya, jamaah kloter pertama asal Magetan dan Surabaya berjumlah 448 orang yang terdiri dari 217 orang laki-laki dan 231 orang perempuan.

Sedangkan, kloter dua yang kedatangannya tidak berselang lama, total jamaahnya mencapai 444 orang, yang 203 orang di antaranya laki-laki dan 241 orang perempuan.

Semula, kedatangan kloter pertama jemaah haji di Bandara Internasional Juanda Surabaya, dijadwalkan pukul 09.30 WIB, namun terjadi penudaan hingga mendarat pukul 13.50 WIB. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015