Magetan (Antara Jatim) - Sebanyak 15 unit kios di Pasar Sayur Kabupaten Magetan, Jawa Timur, terbakar pada Senin dini hari, hingga mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah. 

"Penyebab kebakaran masih diselidiki lebih lanjut. Namun, diduga titik api berasal dari salah satu kios yang digunakan untuk warung kopi," ujar Kapolres Magetan, AKBP Johanson Ronald Simamora, kepada wartawan saat mengunjungi lokasi kejadian.

Menurut dia, pihaknya akan melibatkan petugas dari Labfor Polri Polda Jatim untuk menyelidiki kebakaran tersebut lebh lanjut.

Untuk memadamkan api, Pemkab Magetan telah mengerahkan semua mobil pemadam kebakaran yang dimilikinya. Api baru dapat dipadamkan pada Senin pagi tadi.

Hingga Senin siang, sejumlah anggota pemadam kebakaran masih bersiaga di lokasi. Hal itu karena bara api masih terlihat di sejumlah titik bekas bangunan yang terbakar.

Garis polisi juga masih dipasang di lokasi sekitar guna memudahkan proses penyelidian dan mencegah warga sekitar mendekat. 

Salah satu pemilik kios, Warso, mengatakan, kebakaran kali ini merupakan peristiwa yang kedua kalinya. Sebelumnya, pada bulan Agustus tahun lalu, kebakaran serupa juga terjadi di lokasi yang sama.

Adapun, kios-kios yang terbakar adalah sejumlah warung kopi dan gudang kayu bahan bangunan. Api dengan cepat membesar dan menghabiskan segala isinya karena kios yang terbakar terbuat dari kayu dan berisi tumpukan kayu. 

"Tahun kemarin di sini juga terjadi kebakaran, titik apinya diduga berasal dari warug kopi. Saat ini terjadi hal yang sama. Karena itu, kami meminta, jangan ada lagi warung kopi di area kios yang dijadikan gudang kayu.

Kalau bisa warung kopinya dipindah dan kami tetap menggunakan area kios sini untuk gudang kayu," kata Warso.

Sementara, pihak UPTD Pasar Sayur Magetan masih melakukan pendataan kios para korban yang terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta Rupiah.

 Data UPTD setempat mencatat, pada Agustus 2014 kebakaran serupa juga terjadi lokasi sekitar. Pada peristiwa tersebut sebanyak enam kios dan satu unit motor pemilik kios hagus terbakar.  (*)



Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : FAROCHA


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015