Surabaya (Antara Jatim) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur H Mahfudh Shodar MAg menjamin visa calon haji yang belum selesai akan tuntas menjelang keberangkatan calon haji yang bersangkutan.
     
"Soal visa memang ada yang masih dalam proses, tapi pada saat akan berangkat akan selesai juga, misalnya kloter pertama yang sempat ada lima visa belum selesai, ternyata H-1 sudah tuntas," katanya di Surabaya, Kamis.
     
Ia mengemukakan hal itu di sela penerimaan kedatangan 445 orang calon haji kelompok terbang (kloter) pertama dari Magetan (250 orang), Surabaya (195 orang), dan petugas (lima orang) di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.
     
"Soal visa itu sebenarnya terkait dengan Kedubes Arab Saudi di Jakarta sana yang mungkin melayani visa yang menumpuk, sedangkan kalau paspor yang kita buat sudah nggak ada masalah, tapi kami koordinasi terus," katanya.
     
Sehari sebelumnya (19/8) dilaporkan sebanyak 6.907 calon haji dari berbagai daerah di Jawa Timur belum menerima visa, karena sampai Rabu (19/8) pukul 16.30 WIB tercatat 20.416 calon haji yang sudah selesai visa-nya, sedangkan hampir 7.000-an (6.907 calon haji) belum visa.
     
Namun, informasi terakhir dari Kasi Dokumen dan Pendaftaran Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya Dra Peni Wiluntari MM hingga Kamis (20/8) siang tercatat 25.500 calon haji sudah menerima visa atau tersisa 1.823 visa yang belum selesai. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015