Madiun (Antara Jatim) - Petugas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Madiun, Jawa Timur, menyatakan sebanyak 133 calon haji setempat siap diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini. 
     
Kasie Penyelengara Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kota Madiun, Masrukin, Kamis, mengatakan, ke-133 calon haji Kota Madiun tersebut akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada tanggal 21 Agustus mendatang. 
     
"Calon haji Kota Madiun akan berangkat dengan rombongan calon haji Kabupaten Ngawi dan Surabaya untuk memenuhi kuota pesawat," ujar Masrukin, kepada wartawan.
     
Menurut dia, jumlah calon haji Kota Madiun yang berangkat tahun ini meningkat tipis jika dibandingkan dengan tahun lalu. Dimana tahun lalu hanya mencapai 129 orang, sedangkan tahun ini mencapai 133 orang.
     
Secara umum, persiapan keberangkatan calon haji Kota Madiun telah hampir selesai dan tinggal pemberangkatan saja. Semua perlengkapan telah selesai diurus, di antaranya, paspor, visa, manasik haji, serta vaksinasi terhadap semua calon haji sudah selesai dilakukan.
     
Pihaknya berharap, para calon haji asal Madiun tahun ini dapat menunaikan ibadahnya dengan lancar tanpa kendala apapun juga.    
     
Sesuai jadwal, para calon haji asal Kota Madiun tersebut akan dilepas langsung keberangkatannya oleh Wali Kota Madiun Bambang Irianto di Asrama Haji Kota Madiun. 
     
Sementara, sebanyak 304 calon haji Kabupaten Madiun juga siap diberangkatkan ke Tanah Suci pada 23 Agusrus mendatang untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. 
     
Data Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Madiun mencatat, dari jumlah 304 calon haji tersebut, terdapat tiga calon haji yang tertua. Mereka rata-rata berusia 85 tahun, yakni Kasmun warga Jiwan, Salam warga Pilangkenceng, dan Sarni warga Dagangan. Kendati berusia lanjut, namun kondisi kesehatan mereka dinyatakan layak terbang ke Tanah Suci.
     
Sedangkan calon haji termuda adalah Tri Cahyo Nugroho yang baru berusia 18 tahun dan merupakan warga Desa jiwan, Kecamatan Jiwan. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015