Sumenep (Antara Jatim) - Salah satu operator kapal yang beroperasi di Kabupaten Sumenep, PT Dharma Dwipa Utama menyiapkan jadwal khusus operasional dua kapalnya selama masa angkutan Lebaran 2015.

"Jadwal pelayarannya tidak sama dengan jadwal reguler. Namun, sifatnya hanya sementara, yakni selama masa angkutan Lebaran 2015 untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan jumlah calon penumpang kapal," ujar Kepala PT Dharma Dwipa Utama Cabang Kalianget, Moh Darmawan, di Sumenep, Jawa Timur, Kamis.

PT Dharma Dwipa Utama yang merupakan anak perusahaan PT Dharma Lautan Utama itu mengoperasikan dua kapal, yakni KMP Dharma Kartika dan KMP Satya Kencana.

Kapal Dharma Kartika melayani jalur Kalianget-Sapudi-Jangkar dan Kalianget-Raas-Jangkar sebanyak dua kali dalam sepekan.

Sementara Kapal Satya Kencana melayani lintasan Kalianget-Jangkar setiap hari.

"Sejak beberapa waktu lalu, kami bersama staf operasional membuka dan mengevaluasi data tentang jumlah penumpang pada masa angkutan Lebaran 2014 di setiap jalur. Data tersebut menjadi salah satu pedoman bagi kami untuk menyiapkan jadwal khusus pada masa angkutan Lebaran 2015," kata Darmawan, menerangkan.

Ia menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengumuman atau pemberitahuan tentang jadwal khusus itu kepada calon pengguna jasa kapalnya sebelum diterapkan.

"Rumusan jadwal operasional khusus kapal selama masa angkutan Lebaran 2015 sudah masuk finalisasi dan kemungkinan besar akan diterapkan sejak 'H-10' hingga 'H+10' Hari Raya Idul Fitri," ucapnya, menambahkan.

Darmawan juga memastikan Kapal Dharma Kartika dan Kapal Satya Kencana dalam kondisi laik layar selama masa angkutan Lebaran 2015.

"Untuk sementara, Kapal Dharma Kartika tidak beroperasi, karena masuk masa dok (perawatan) tahunan sejak 5 Juni hingga 27 Juni. Kapal tersebut akan beroperasi kembali pada 28 Juni. Selama masa dok itu, Kapal Satya Kencana juga beroperasi di jalur reguler yang dilayani Kapal Dharma Kartika," katanya.

PT Dharma Dwipa Utama adalah satu-satunya operator kapal yang melayani lintasan Kalianget-Jangkar, Kalianget-Sapudi-Jangkar, dan Kalianget-Raas-Jangkar. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015