Surabaya (Antara Jatim) - Sebanyak 25 calon siswa (casis) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) dari Kodam V/Brawijaya mengikuti penataran untuk persiapan menghadapi seleksi Casis Seskoad.

Penataran bagi Casis Seskoad Tahun 2016 itu dibuka oleh Kasdam V/Brawijaya Brigadir Jenderal TNI Joppye Onesimus Wayangkau di Ruang Bina Yudha Kodam V/Brawijaya, Senin.

Dalam pembukaan penataran ini, Kasdam menyampaikan tujuan dari penataran ini yaitu untuk mempersiapkan Casis dalam menghadapi tes nantinya.

Selain itu, Kasdam berpesan kepada para Casis agar percaya pada kemampuan masing - masing dan mempersiapkan diri dalam menghadapi tes.

"Kenali diri sendiri atas kemampuan dan kekurangan yang dimiliki serta berusaha untuk melengkapi kekurangannya dengan jalan mempelajari setiap bentuk tes yang akan diujikan," katanya.

Ke-25 orang casis berpangkat Mayor dari seluruh satuan jajaran Kodam V/Brawijaya baik satuan tempur, satuan bantuan tempur maupun satuan administrasi itu akan diasuh oleh 14 Guru Militer (Gumil) yang menguasai materi yang akan diujikan.

Diktukpa Marinir
Dalam waktu yang sama (22/6), Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto menerima 67 Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Marinir Angkatan 44 di Mako Brigif-1 Marinir, Gedangan, Sidoarjo.

Kedatangan 67 Siswa Diktukpa Marinir ke Brigif-1 Marinir yang dipimpin Komandan Sekolah Perwira Infanteri Pusdikif Kodikmar Letkol Marinir Sulistyo Tri itu untuk melaksanakan Praktek Pasukan (Tekpas) mulai 22 hingga 28 Juni 2015.

Dalam sambutannya, Komandan Brigif-1 Marinir mengatakan sebagai calon Komandan Peleton para Siswa Diktukpa Marinir harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anggota yang akan dipimpinnya nanti, selain itu  juga selalu menjaga hubungan kekeluargaan dengan prajurit.

"Jangan sampai ada pelanggaran yang kalian lakukan selama melakukan Praktek Pasukan di Brigif-1 Mar, patuhi semua peraturan yang berlaku di satuan," tegas orang nomor satu di Brigif-1 Marinir itu.

Selain itu, Komandan Brigif-1 Marinir mengharapkan kepada Siswa Diktukpa Marinir Angkatan 44 agar menggali sebanyak-banyaknya pengetahuan selama melaksanakan Tekpas, juga jangan malu bertanya kepada anggota apabila tidak tahu, selain itu para siswa harus berpatokan yang baik dicontoh dan selalu memberikan contoh yang baik kepada anggotanya.

Setelah penerimaan oleh Komandan Brigif-1 Marinir, Siswa Diktukpa Angkatan 44 menerima paparan tentang Brigif-1 Marinir mulai dari Tugas Pokok, jumlah personel, penugasan dan satuan pelaksana di bawah Brigif-1 Marinir yang disampaikan oleh Mayor Marinir Widarta Kusuma di ruang rapat Brigif-1 Marinir. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015