SENIMAN SIRKUS PRANCIS BERAKSI DI UNNAR SURABAYA

Surabaya (Antara Jatim) - Seniman sirkus kontemporer dan "juggler" unik dari Prancis, Vincent de Lavenère, tampil beraksi di Universitas Narotama (Unnar) Surabaya, Senin.

"Unnar ditunjuk menjadi tempat pertunjukan sirkus kontemporer, karena kami memiliki Podjok Prancis dan kebetulan Podjok Prancis sekarang merayakan HUT Ke-2 dengan puncak HUT adalah pertunjukan sirkus itu," kata Penanggung Jawab 'Podjok Prancis' Unnar, Fitri Rofiyanti.

Menurut dia, penampilan Vincent de Lavenère merupakan salah satu rangkaian dari festival tahunan "Printemps Francais 2015" (Festival Seni Musim Semi Prancis) di Indonesia pada 15 Mei - 16 Juni 2015.

"Festival tahunan di Prancis itu digelar di Bali, Jombang, Surabaya, Medan, Padang, Bandung, dan Jakarta dengan kegiatan antara lain musik, tari, sirkus, teater, jazz, seni pertunjukan, seni visual, dan seminar," katanya.

Dalam aksinya,  Vincent de Lavenère menciptakan pertunjukan multidisiplin yang tidak hanya membuat telinga terbuai, namun juga menghipnotis mata.

Permainan yang dipersembahkan Vincent de Lavenère antara lain atraksi seni Jonglerie Champêtre. Atraksi itu merupakan atraksi juggling dengan harmonisasi iringan alat musik citole, sarung tangan chistera, dan gemerincing bola.

"Permainan Vincent de Lavenère itu menjadi puncak dari HUT Ke-2 Podjok Prancis Unnar yang dimulai dengan serangkaian kegiatan sejak Maret hingga awal Juni itu," kata Fitri.

Serangkaian kegiatan HUT itu antara lain Nonton Bareng Film Prancis di Unnar, "Eco Green" di Taman Bungkul, Lomba Kaligram (puisi bentuk ala Prancis)), seminar internasional dengan pembicara Francois Bourguignon (mantan Kepala Bidang Ekonomi Bank Dunia), dan sirkus kontemporer oleh seniman Prancis. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015