Menteri BUMN dorong Danau Ranu Pane jadi destinasi wisata unggulan

id Menteri BUMN,danau ranu pane,ranu pane lumajang,wisata unggulan jatim

Menteri BUMN dorong Danau Ranu Pane jadi destinasi wisata unggulan

Menteri BUMN RIni Soemarno (kanan) bersama Bupati Lumajang Thoriqul Haq berkuda saat berada di sekitar Danau Ranu Pane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (11/9/2019). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Kami berkomitmen untuk merevitalisasi danau ini untuk menjadi cantik kembali.

Lumajang (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendorong Danau Ranu Pane yang terletak di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, untuk menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di wilayah Jawa Timur.

Rini mengatakan bahwa dengan adanya langkah pembenahan ekosistem yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk di Danau Ranu Pane, diharapkan bisa mengembalikan keindahan danau di kaki Gunung Semeru itu, guna meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung.

"Kami berkomitmen untuk merevitalisasi danau ini untuk menjadi cantik kembali. Jika sudah selesai, harus dijaga dan bisa dimanfaatkan termasuk mendatangkan wisatawan," kata Rini, di Desa Ranu Pane, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu.

Rini menjelaskan, nantinya, dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung dan menikmati keindahan alam di Danau Ranu Pane, diharapkan bisa menggeliatkan roda perekonomian masyarakat setempat.

Saat ini, luasan Danau Ranu Pane semakin mengecil. Hal tersebut dikarenakan adanya penyempitan akibat erosi, endapan lumpur, sampah, dan tumbuhan yang menutupi permukaan danau.

"Yang bisa kita dorong di sini adalah program pariwisata. Tentunya ini harus kita lakukan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan keuntungan dengan adanya titik-titik wisata," kata Rini.

Baca juga: BRI bantu benahi ekosistem Danau Ranu Pane Lumajang

Rini menambahkan, jika nantinya Danau Ranu Pane tersebut menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur, masyarakat juga perlu menjaga kelestarian alam termasuk ketersediaan toilet yang bersih dan rapi bagi para wisatawan.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pembenahan di Desa Ranu Pane. Beberapa langkah yang akan dilakukan antara lain adalah penanaman pohon dan pembuatan trotoar untuk memberikan kenyamanan wisatawan.

"Harapannya, Ranu Pane bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Lumajang," ujar Thoriqul.

BRI melalui program CSR BRI Peduli telah menyalurkan bantuan bidang lingkungan untuk membenahi ekosistem Danau Ranu Pane, berupa pengerukan dan pelebaran bibir danau, penanaman 5.000 bibit pohon cemara gunung, dan merevitalisasi shelter pendakian.

Danau Ranu Pane merupakan pintu masuk pendakian ke Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl), yang menjadi salah satu destinasi favorit para pendaki di Jawa Timur.

Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar