Lewis Hamilton menangi duel ketat dengan Verstappen di Sirkuit Hungaroring

id Lewis Hamilton ,Verstappen, GP Hunggaria, Red Bull, vettel

Lewis Hamilton menangi duel ketat dengan Verstappen di Sirkuit Hungaroring

Mercedes' British driver Lewis Hamilton steers his car during the first practice session of the Formula One Hungarian Grand Prix at the Hungaroring circuit in Mogyorod near Budapest, Hungary, on August 2, 2019. (Photo by ANDREJ ISAKOVIC / AFP) (AFP/ANDREJ ISAKOVIC)

Aku mencoba sekeras yang aku bisa dengan ban hard, tapi itu tidak cukup
Jakarta (ANTARA) - Pebalap Mercedes Lewis Hamilton memenangi balapan GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Minggu, untuk ketujuh kalinya setelah tanpa menyerah mengejar Max Verstappen dari tim Red Bull.

Verstappen, yang start dari pole position untuk pertama kalinya, harus puas finis runner-up, 17,796 detik di belakang Hamilton, sementara Sebastian Vettel melengkapi podium untuk Ferrari di peringkat tiga, demikian laman resmi Formula 1.

Verstappen melaju dengan mulus setelah start dari pole untuk memimpin lomba, dibayangi oleh Hamilton.

Keduanya mampu menjaga jarak aman dari duo Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel di P3 dan P4.

Verstappen, setelah mengeluhkan masalah daya cengkeram ban, masuk pit di lap ke-25 dan memasang ban hard. Pebalap Red Bull itu mampu keluar pit di depan kedua Ferrari.

Hamilton juga mengganti ban hard di lap ke-31, namun pitstop yang lambat membuatnya keluar di belakang Verstappen, yang kembali memimpin lomba.

Hamilton mampu bertarung ketat dengan Verstappen di lap ke-39 namun terlalu berambisi sehingga melebar, membiarkan Verstappen memimpin lomba lagi.

Di lap ke-48 Hamilton mengganti ban medium dan memaksa Verstappen membuat keputusan tidak mengganti ban jika tidak ingin disalip.

Hamilton memiliki sisa 20 putaran untuk mengejar 20 detik ketertinggalannya.

Verstappen bertahan hingga awal lap ke-67 sebelum Hamilton menyerang dengan DRS  (Drag Reduction System) di tikungan pertama. Verstappen yang kehabisan daya cengkeram bannya tak berdaya dan kehilangan peluang juara.

Dengan mengganti ban soft di tiga lap terakhir, pebalap bernomor 33 itu mampu merebut satu tambahan poin setelah mencetak waktu putaran tercepat.

"Aku sangat bersyukur hari ini dan untuk tim karena terus mempercayaiku dan terus menembus batas dan mengambil resiko, peluang untukku, kami telah bersama selama tujuh tahun dan ini selalu terasa seperti kemenangan baru," kata Hamilton usai lomba seperti dikutip laman resmi Formula 1.

Ini merupakan kemenangan kedelapan bagi Hamilton dari 12 balapan yang telah digelar musim ini dan merupakan kemenangan ke-81 di sepanjang karirnya.

Rekan satu timnya, Valtteri Bottas finis kedelapan setelah kedua pebalap Mercedes bersenggolan di lap pembuka sehingga sayap depan mobil yang dikendarai pebalap asal Finlandia itu mengalami kerusakan.

Dengan kemenangan itu Hamilton memperlebar jarak di puncak klasemen pebalap dengan raihan 250 poin, terpaut 62 poin dari rival terdekatnya, Bottas di peringkat dua.

Verstappen mengamankan 19 poin untuk tetap di peringkat tiga dengan raihan 181 poin diikuti oleh Vettel di peringkat empat yang terpaut 25 poin.

"Kami tidak cukup cepat. Aku mencoba sekeras yang aku bisa dengan ban hard, tapi itu tidak cukup. Hari ini kami tidak menang, tapi ini adalah hari dan akhir pekan yang baik bagi kami. Aku rasa, kami hanya kekurangan daya cengkeram," kata Verstappen.

Sementara Vettel meraih podium setelah menyalip rekan satu timnya di dua lap terakhir.

Carlos Sainz mempersembahkan finis P5 untuk McLaren diikuti oleh Pierre Gasly di P6 untuk Red Bull dan Kimi Raikkonen dari Alfa Romeo finis ketujuh.

Lando Norris mengamankan poin tambahan bagi McLaren di P9 sedangkan Alexander Albon meraih poin terakhir yang tersedia hari itu di P10 untuk Toro Rosso.
Pewarta :
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar