Libur Paskah, tiket KA di Daop Jember habis

id kereta api liburan,libur wafat isa al masih,kereta daop 9 jember,tiket kereta habis

Libur Paskah, tiket KA di Daop Jember habis

Petugas memeriksa tiket boarding pass dan identitas penumpang yang hendak naik KA Pandanwangi di Stasiun Jember (Zumrotun Solichah)

Keterisian penumpang kereta api kelas ekonomi jarak menengah dan jarak jauh seperti KA Probowangi, KA Logawa, KA Sritanjung, dan KA Tawangalun, juga sudah penuh pada libur wafat Isa Almasih (Paskah)
Jember (ANTARA) - Tiket sejumlah kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, pada masa libur panjang Pemilu 2019 dan Paskah habis terjual.

"Terjadi peningkatan penumpang kereta api baik kelas ekonomi maupun komersial di wilayah Daerah Operasi 9 karena tiket kereta api terjual habis, padahal biasanya okupansi penumpang berkisar 60 hingga 70 persen dari jumlah tempat duduk," kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif di Jember, Jawa Timur, Jumat.

Ia mengatakan tingkat keterisian penumpang mencapai 90-100 persen selama beberapa hari terakhir, padahal biasanya hanya sekitar 60-70 persen.  Pada hari kerja dan pada akhir pekan biasanya berkisar 80-90 persen.

Peningkatan jumlah penumpang terjadi sejak libur Pemilu 2019 karena sebagian warga pulang kampung kemungkinan menyalurkan hak pilihnya. lApalagi  libur tersebut bersambung dengan libur Paskah pada Jumat ini.

"Keterisian penumpang kereta api kelas ekonomi jarak menengah dan jarak jauh seperti KA Probowangi, KA Logawa, KA Sritanjung, dan KA Tawangalun, juga sudah penuh pada libur wafat Isa Almasih (Paskah), serta kereta lokal KA Pandanwangi juga sudah penuh," tuturnya.

Sedangkan tiket kereta jarak jauh komersial kelas bisnis dan eksekutif seperti KA Ranggajati dan KA Wijaya Kusuma sudah terjual 80 persen ke arah Surabaya, namun diprediksi ke arah barat lebih banyak lagi.

"Untuk KA Mutiara Timur siang sudah terjual 90 persen, sedangkan Mutiara timur malam baru 70 persen hingga siang ini dan diprediksi bisa bertambah mencapai hingga 90 persen," katanya.

Meskipun ada peningkatan penumpang, lanjut dia, PT KAI Daop 9 Jember tidak menambah rangkaian kereta api baik kelas ekonomi maupun komersial karena pihaknya akan memaksimalkan rangkaian kereta yang sudah ada.

Setiap hari di Daop 9 Jember tercatat delapan keberangkatan KA jarak jauh dan menengah yakni KA Mutiara Timur siang dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur malam dengan rute Banyuwangi-Surabaya, kemudian KA Sri tanjung rute Banyuwangi-Lempuyangan.

Selanjutnya KA Probowangi rute Banyuwangi-Surabaya, KA Tawang Alun rute Banyuwangi-Malang, KA Logawa rute Jember-Purwokerto, KA Ranggajati rute Jember-Cirebon, dan KA Wijayakusuma rute Banyuwangi-Cilacap. Sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan Wangi ruteJember-Banyuwangi PP.
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar