Bekraf dorong pelaku usaha kreatif tembus pasar mancanegara

id Badan Ekonomi Kreatif,Bekraf,Akses Pasar Internasional,Peluang Ekspor

Bekraf dorong pelaku usaha kreatif tembus pasar mancanegara

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). (Vicki Febrianto)

Kami berupaya mendorong pelaku usaha supaya bisa ekspor. Sejauh ini, belum banyak. Kami akan memilih 50 produk, supaya bisa lebih fokus untuk mendorong mereka masuk pasar internasional

Malang (ANTARA) - Badan Eonomi Kreatif (Bekraf) berupaya mendorong pelaku usaha kreatif khususnya pada subsektor makanan dan minuman di Indonesia untuk meningkatkan akses pasar bukan hanya di dalam negeri, namun juga ke pasar mancanegara atau  internasional.

Direktur Akses Non-Perbankan Bekraf Syaifullah Agam di Melang, Jawa Timur, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya tengah berupaya untuk membuka akses pasar internasional bagi pelaku usaha dalam negeri, terutama untuk negara-negara yang berada di kawasan Asia.

"Kami berupaya mendorong pelaku usaha supaya bisa ekspor. Sejauh ini, belum banyak. Kami akan memilih 50 produk, supaya bisa lebih fokus untuk mendorong mereka masuk pasar internasional," kata Syaifullah dalam Sosialisasi Kreatifood 2019.

Syaifullah menjelaskan, salah satu program yang digagas oleh Bekraf dalam upaya meningkatkan akses pasar dalam negeri adalah Kreatifood, sementara untuk akses pasar luar negeri dalam Kreatifood X. Bekraf akan melakukan kurasi terhadap produk-produk itu, sebelum difasilitasi untuk akses pasarnya.

Saat ini, lanjut Syaifullah, pihaknya telah melakukan berbagai kerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait seperti Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan. Hal tersebut dilakukan karena dua pihak tersebut memiliki kantor perwakilan di luar negeri.

"Kami menyiapkan kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan karena mereka yang memiliki kantor perwakilan di luar negeri. Sementara Bekraf menyiapkan pelaku usaha yang sudah dikurasi," kata Syaifullah.

Sejauh ini, Bekraf berupaya untuk menyiapkan para pelaku usaha yang siap untuk memasuki pasar internasional, namun masih terkendala akses pasar. Selain itu, Bekraf juga berusaha untuk mengembangkan produk kreatif kuliner yang memiliki standard dan daya saing tinggi melalui berbagai program pembinaan.

Bagi para pelaku usaha yang sudah memiliki produk potensial dengan daya saing tinggi, lanjut Syaifullah, Bekraf akan memberikan fasilitasi untuk memamerkan produk-produk itu dalam pameran berskala internasional.

Salah satu pameran yang akan diikuti oleh pelaku usaha dalam negeri itu adalah pameran makanan minuman terbesar yang diselenggarakan di Singapura dalam waktu dekat.(*)

Pewarta :
Editor: Chandra Hamdani Noer
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar