Pemkab Pamekasan Realisasikan Program 1.000 wifi

id Pemkab Pamekasan, Smart City Pamekasan,Smart City,program wifi, seribu wifi

Pemkab Pamekasan Realisasikan Program 1.000 wifi

Dokumentasi peluncuran program smart city di Pamekasan, Madura, Jawa Timur. (Abd Aziz)

Pamekasan (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur merealisasikan program 1.000 wifi guna mendukung program kota pintar (smart city) pada 2018.

Kasi Sistem Informasi Manajemen Informatika Diskominfo Pemkab Pamekasan Frita Prasetya Rini di Pamekasan, Selasa, mengatakan perencanaan program kota pintar sudah dimatangkan tahun lalu.

"Hanya saja, kala itu, kami masih terkenda anggaran, serta persiapan yang kurang matang, termasuk sumber daya manusia," ujar Rini.

Akhirnya, lanjut dia, berbagai program yang telah dicanangkan pada tahun sebelumnya, digagalkan, dan akan dilanjutkan lagi 2018.

"Sebagian besar sudah dilakukan tahun lalu. Saat ini tinggal `running` dan mematangkan infrastrukturnya saja," kata Rini, menambahkan.

Seribu Wifi dan Closed Circuit Television (CCTV) akan terpasang di beberapa lokasi strategis.

Program kota pintar ini dicanangkan Pemkab Pamekasan karena beberapa pertimbangan, yakni mendukung program Pamekasan yang telah mendeklarasikan diri sebagai Kota Pendidikan, dan Pamekasan menjadi kota pertama di Pulau Madura yang mencanangkan program tersebut.

Program "smart city atau kota pintar" itu merupakan rencana strategis daerah di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang menjadi prioritas Pemkab Pamekasan pada 2018.

Anggota DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Moh Sahur Abadi mengatakan program tersebut sangat membantu perkembangan Pamekasan dan dirinya berjanji segera menindaklanjuti program tersebut, sehingga bisa segera dirasakan oleh masyarakat. (*)
Pewarta :
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar