Penjabat (Pj) Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto menyatakan bahwa anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) memiliki peran penting untuk turut serta menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang digelar 27 November.

"Anggota Satlinmas punya peran. Semuanya saya harap bisa bersinergisitas untuk menciptakan kondisi Kota Madiun yang kondusif dan mempertahankannya," ujar Eddy di Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya, Satlinmas dinilai berperan penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi karena menjadi garda terdepan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan, utamanya di tingkat kelurahan.

Ia ingin Pilkada Kota Madiun pada 27 November 2024 bisa berjalan dengan kondusif dan aman. Karenanya, Satlinmas perlu meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan untuk mendeteksi potensi yang mengancam ketentraman dan ketertiban umum.

Lebih lanjut Eddy mengatakan agar Satlinmas juga membantu mengawasi kemungkinan adanya pelanggaran kampanye yang berpotensi menimbulkan konflik dan mengganggu kelancaran tahapan pilkada.

"Sebab dengan pilkada yang sukses, maka akan menentukan terpilihnya gubernur dan wakil gubernur, juga wali kota dan wakil wali kota yang baik dan lancar," katanya. 

Selama bertugas nanti, Satlinmas akan melekat bersama personel TNI dan Polri setempat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan posko pemilu. Tak hanya mengamankan, Satlinmas juga membantu tugas dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Sesuai data, Pilkada Serentak 2024 di Kota Madiun akan diikuti tiga pasangan calon, yakni pasangan nomor urut 1 Inda Raya Ayu Miko Saputri-Aldi Dwi Prastianto (Dadi Juara) yang diusung PDI Perjuangan.

Pasangan nomor urut 2 Maidi-Bagus Panuntun (Madiun) yang diusung koalisi enam partai politik, yaitu Partai NasDem, PKS, PKB, Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan PSI.

Untuk nomor urut 3 ada pasangan Bonie Laksmana-Bagus Rizki (Bonus) yang diusung Partai Golkar dan Perindo.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024