Grup musik Yovie & Nuno akhirnya comeback melalui single anyar bertajuk "Yang Baru" menghadirkan nuansa penuh optimisme untuk orang-orang yang sedang mengejar cinta.

Lagu ini dibuat oleh musisi Yovie Widianto bersama Arsy Widianto yang juga menjadi pencipta dari lagu "Misal" (2022) lagu terakhir yang dibawakan Yovie & Nuno dua tahun yang lalu.

"Kami masih mengusung tema cinta untuk single baru ini, menceritakan tentang orang yang sudah menyimpan rasa sejak lama. Suatu saat, dia tahu kalau hubungan asmara orang yang disukainya ternyata sedang bermasalah. Dia pun memutuskan mendekati lagi pujaan hatinya ini,” kata salah satu anggota Yovie & Nuno, Kang Diat, dalam keterangannya, Jumat.

Pengerjaan “Yang Baru” sebenarnya dilakukan cukup lama karena bersamaan dengan rekaman “Misal” di akhir 2022. Seharusnya lagu ini rilis pada 2023 namun rencana itu urung diwujudkan karena menantikan momen yang tepat.

Setelah akhirnya melewati masa kontemplasi yang panjang, grup dengan anggota Ady Julian (keyboard), Adhyra Yudhi (vokal), Chico Andreas (vokal), Muchamad Ahadiyat atau Kang Diat (gitar) itu memutuskan bahwa Oktober 2024 adalah waktu yang tepat merilis lagu tersebut.

“Proses rekaman “Yang Baru” cukup cepat, mungkin sekitar seminggu. Pengambilan vokalnya sendiri hanya berlangsung sehari, sementara mengisi bagian-bagian lain, misalnya string, yang cukup memakan waktu,"kata Ady menceritakan proses pembuatan "Yang Baru".

Menggarap dua single dalam satu waktu rupanya menghadirkan tantangan tersendiri bagi personel Yovie & Nuno, selain perbedaan vokal Chico dan Adhyra.

Keduanya berupaya untuk membuat harmonisasi yang berbeda dari "Misal" sehingga lagu tersebut bisa menampilkan nuansa yang berbeda dan menampilkan ciri khas masing-masing.

"Yang Baru" dirancang menjadi lagu yang bisa dinyanyikan bersama-sama dengan santai sehingga dapat menjadi pengiring tongkrongan yang tepat, sedangkan untuk "Misal" memang sedari awal dirancang sebagai karya yang harus dibawakan deng penuh perasaan.

Jarak perilisan yang cukup jauh dengan “Misal” membuat “Yang Baru” menawarkan sesuatu yang berbeda bagi para pencinta musik Indonesia, khususnya penggemar Yovie & Nuno. “Kalau

“Misal” lebih menunjukkan karakter vokal Adira dan Chico, lagu baru ini akan kembali membawa kalian ke era Yovie & Nuno yang dulu. Gitar dan aransemennya juga berbeda dari lagu-lagu kami sebelumnya. Kalau didengarkan sekilas, masih akan terasa ciri khas Yovie & Nuno. Tapi, setelah didengarkan cukup lama, maka akan terasa perbedaannya,” ungkap Kang Diat.

Sebagai anggota baru, Chico menilai lagu "Yang Baru" menjadi penanda awal baru bagi Yovie & Nuno sebagai grup musik. Lagu ini diharap menjadi pembuka segar dan tepat sehingga penggemar tetap setia dan bertambah sayangnya pada grup ini.

“Semoga bisa diterima dan diapresiasi dengan baik oleh pencinta musik Indonesia karena kami menggarap ini dengan sepenuh hati sehingga kami ingin lagu ini bisa sampai juga ke hati kalian,” kata Chico.

Single "Yang Baru" dari Yovie & Nuno dapat didengarkan di berbagai platform musik digital di Indonesia mulai 25 Oktober 2024.
 

Pewarta: Livia Kristianti

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024