Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menyelenggarakan puncak acara Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 di Area Tugu Pahlawan, Surabaya, Rabu (23/10).

Sebanyak 38 maskot dari seluruh kabupaten/kota di Jatim dipamerkan dalam parade mobil hias yang memukau, ditambah dengan maskot Pilgub Jatim, Si Jalih, sebagai ikon utama.

Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi menyebutkan ajang ini sebagai bentuk kreativitas dari KPU Jatim dan KPU kabupaten/kota untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2024.

"Rangkaian kegiatan ini dimulai sejak Juli dengan dilepas di Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Sumenep. Setelah melewati berbagai daerah, akhirnya kita sampai di Surabaya sebagai puncaknya. Kami berharap partisipasi pemilih meningkat melalui kegiatan semacam ini," ujar Aang.

Sementara itu, Komisioner KPU Jatim Nur Salam menjelaskan acara ini akan berlangsung hingga malam hari dan merupakan bagian dari sosialisasi pendidikan pemilih.

"Jawa Timur merupakan satu-satunya provinsi yang menggelar kirab maskot ini," ujarnya.

Acara tersebut melibatkan sekitar 50 personel dari setiap kabupaten/kota serta seluruh jajaran komisioner dan sekretariat KPU Jatim.

Mereka turut menampilkan defile kostum atraktif ala karnaval membawakan kesenian daerah masing-masing pada malam hari nanti. Defile berkeliling dari Jalan Rajawali, Jembatan Merah, hingga Jalan Kebon Rojo.

Kirab maskot dimulai pukul 14.30 WIB, melewati rute dari Tugu Pahlawan, Jalan Genteng Kali, Jalan Tunjungan, hingga Jalan Gubernur Soeryo sebagai rute terakhir.

Acara juga diisi dengan penyerahan maskot dan deklarasi Pilkada Damai yang berlangsung di Monumen Tugu Pahlawan, sebagai simbol harapan pemilu yang damai dan sukses.

Acara ini disemarakkan dengan berbagai hiburan seperti fashion carnival, barongsai, reog, serta pertunjukan seni budaya khas dari berbagai daerah di Jawa Timur. Ribuan warga hadir memadati area Tugu Pahlawan untuk menyaksikan kemeriahan acara tersebut.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024