Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengapresiasi kegiatan Millenial Entrepreneur Awards (MEA) SMA Double Track Tahun 2024 yang diadakan dinas pendidikan setempat di Graha ITS, Selasa.

"Ini menjadi ajang unjuk prestasi, kreativitas, dan keterampilan para siswa-siswi dari 133 SMA Double Track yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim," kata Adhy Karyono usai menyerahkan penghargaan kepada pemenang.

Menurut dia, keberadaan program SMA Double Track yang telah berjalan genap tujuh tahun ini sangat tepat mendukung keberhasilan program Nawa Bhakti Satya.

Keberhasilan tersebut, lanjut Adhy, tidak terlepas dari berbagai program, di antaranya Jatim Kerja dengan inovasi pendidikan vokasi, Jatim Cerdas dengan program pendidikan gratis dan berkualitas, serta Jatim Berdaya dengan peningkatan kewirausahaan melalui kerja sama dengan mitra dunia usaha dan industri.

"Dengan jumlah siswa SMA sebanyak 524.276 anak, kita harus mengawal grand design program Double Track yang berbasis nyata di sekolah," ucapnya.

Adhy menambahkan, program SMA Double Track telah menciptakan peluang nyata bagi para siswa SMA yang berpotensi tidak dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi setelah lulus SMA.

Sehingga, bisa mengembangkan keterampilan sesuai minat yang dipilih untuk dapat bersaing di dunia kerja atau memulai usaha mereka sendiri setelah lulus.

“Banyak siswa dengan sekolah yang memiliki letak keterbatasan geografis, namun ini bukan jadi penghalang. Melainkan jadi cambuk untuk terus berkarya dan berprestasi,” katanya.

Walaupun daerah terpencil, pihaknya optimistis mereka bisa berdaya melalui program Double Track.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Aries Agung Paewai mengatakan, program SMA Double Track pada awalnya dimulai pada tahun 2018 dengan fokus pada sekolah sebagai pusat pelatihan dan pusat produksi.

Aries berharap MEA akan menjadi ajang entrepreneurship untuk menumbuhkan, mendorong, dan mendukung minat generasi muda dalam berwirausaha.

“Kegiatan ini adalah apresiasi Pemprov Jatim melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jatim terhadap pengembangan program Double Track yang telah dilaksanakan di berbagai sekolah SMA di Jawa Timur untuk mengurangi angka pengangguran di tingkat SMA,” ujarnya.

Aries lantas berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan, ditingkatkan dan diluaskan, sehingga antusiasme para lulusan di pelosok dapat menghasilkan omzet yang luar biasa.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024